Tim Monitoring TP PKK Provsu, Kunjungi Desa Belang Malum Sidikalang

TP PKK Provsu memberikan arahan saat berkunjung di Desa Belang Malum.

Dairi, sahabatmarhaen.com

Tim Pengerak Pemberdayaan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Yusniati  didampingi Masuadi Atun  mengunjung Desa Belang Malum, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi. Kunjungan yang dilaksanakan, Jumat (2/8/2019) pagi dalam rangka melakukan penilaian desa katagori hatinya PKK tahun 2019.

Kegiatan dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Belang Malum dihadiri, Ketua PKK Dairi, Ny Romy Mariani Eddy Berutu, didampingi Kadis Ketapang, Kadis PPA, Kadis Pertanian, Kadis, Kadis Pemdes. Camat Sidikalang,. Serta Kapolsek Sidikalang AKP Jokner  Malau, Danramil 02/Sidikalang Kapten Inf T. Aritonang, Pengurus TP PPK Desa Belang Malum, Tokoh Masyarakat dan Karang Taruna.

Kepala Desa Belang Malum, Sehat Hutauruk dalam sambutannya menyampaikan, harapannya kepada tim PKK Sumut, agar desa yang dipimpinnya dapat lebih baik dari segi sandang pangan. Apalagi desa Belang Malum terletak ditengah-tengah kota, Kecamatan Sidikalang.

“Untuk hasil pertanian sangat minim, kami berharap kedatangan tim PKK dapat memberikan arahan, agar desa kami bisa lebih baik kedepannya dan warga kami bisa hidup makmur,”ungkapnya.

Sedangkan Ketua PPK Desa Belang Maklum, Ny Runiati Sehat Hutauruk dalam menyampaikan paparannya mengatakan, dibuatnya espos untuk memberikan gambaran umum tentang peran PKK Desa Belang Malum dan membantu kesuksesan  kegiatan pemerintahan, pembangunan , pelayanan dan pembinaan kemasyarakatan, serta pemberdayaan masyarakat Desa.

“Untuk mengetahui perkembangan pergerakan PKK Desa Belang Malum kepada tim penilai desa terbaik tingkat Provsu tahun 2019,”terangnya..

Sementara tim monitoring TP PKK Provsu, Yusniati menjelaskan,laporan yang disampaikan Ketua PPK Desa Belang malum sudah bagus, namun kalau untuk pertandingan Pokja III, maka laporannya yang dimasukan haya fokus ke Pokja III saja. Jadi penulisan laporan untuk perlombaan maka yang pertama kali dibuat pendahuluan dan yang kedua profil desa.

“Kita tunjukan seperti apa desa kita ini dan terdiri dari berapa dusunnya , sehingga terlihat diawal dan mau diapakan desa kita ini. Kemudian profil kepala desa dan Ketua PPK , agar tampil dilapotran. Sehingga menunjukan inilah desa yang bertanding,”sebutnya.

Kemudian perencanaan program  harus dimasukan, itu untuk mendukung bahwa keikut sertaan dalam pertandingan ini berdasarkan perlombaan desa atau penghunjukan. Karena itu nanti nilainya juga akan berbeda.

“Jadi kalau memang itu SK Bupati cantumkan SK Bupati dan kalau itu berdasarkan pertandingan cantumkan di depan, agar nampak,”ucap Yusniati.

TP PKK Provsu bersama Ketua PKK Dairi meninjau tanaman percontohan.

Selanjutnya Ketua PKK Dairi, Ny Romy Mariani Eddy Berutu dalam kesempatan itu menyampaikan dan mengucapkan, terimakasih atas laporan yang disampaikan Ketua PKK Desa Belang Malum, jangan berkecil hati atas koreksi dari tim monitoring TP PKK Provsu. Jadikan itu motivasi untuk kedepannya.

“Semoga dari hasil kegiatan ini Desa Belang Malum yang terdiri dari 5 dusun, kedepannya dapat lebih baik dan warganya dapat lebih sejahtera,”harapnya.

Diungkapkan Romy, bahwa pertama kali berkunjung ke desa ini, mimpinya adalan ingin menjadikan Desa Belang Malum ini dengan hatinya PKK, menjadi destinasi wisataseperti di Bali. Ada desa paling bersih disana dan menjadi objek wisata sekarang.

“Itu sebenarnya bisa kita lakukan disini, jadi destinasi wisata di Dairi tidak hanya di Tao Toba Silalahi. Apalagi Sidikalang ini wajahnya Kabupaten Dairi,”ujar Romy.

Usai kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke 5 dusun yang ada di Desa Belang Malum oleh tim TP PKK Provsu dan tim PKK Dairi beserta rombongan. (fajar)

Sahabat Marhaen

Read Previous

Kapolres, Pimpin Sertijab 7 Pejabat Utama Di Lingkungan Polres Dairi

Read Next

Bupati Dairi Resmikan Pengoperasian Bus Sekolah Gratis

Leave a Reply

error: Content is protected !!