Bupati Dairi Resmikan Pengoperasian Bus Sekolah Gratis

Bupati dairi saat melaunching bus sekolah gratis di LDusun Lae Pinang, Desa Bintang.

Dairi, sahabatmarhaen.com

Bupati, DR Eddy Keleng Ate Berutu bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi resmikan pengoperasian bus sekolah gratis untuk melayani para pelajar yang bersekolah di kota Sidikalang..

Acara Launching dilaksanakan, Sabtu (3/7/2019) pagi di Dusun Lae Pinang, Desa Bintang, Kecamatan Sidikalang dihadiri anggota DPRD Dairi, Markus Purba, Camat Sidikalang Agel Siregar, Kapolsek Sidikalang kota AKP Jokner Malau, Para Kepala Desa, Ketua Organda Kabupaten Dairi serta Tokoh Masyarakat Desa Bintang.

Bupati Dairi mengatakan, Pemkab Dairi melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memberikan fasilitas umum bus gratis kepada para pelajar telah di mulai pengoperasiannya sejak, 17 Juli 2019 lalu.

Untuk saat ini masih melayani 1 rute, yakni Dusun Lae Pinang, Desa Bintang – kota Sidikalang pulang pergi (PP) mengangkut sebanyak 223 orang pelajar setiap harinya.

“Kedepan  kita akan melakukan pengembangan dan penyesuaian dengan memperhatikan kondisi lapangan dan koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku,”kata Eddy.

Disamping untuk membantu melayani masyarakat, program ini juga bertujuan untuk mengurangi pengggunaan kendaraan pribadi bagi pelajar. Dimana karena kekurangan ketersediaan transportasi umum, pelajar terpaksa menggunakan sepeda motor ke sekolah. Padahal mereka belum cukup umur dan tidak memiliki SIM. Sehingga mempunyai reskio yang cukup tinggi, karena secara mental belum siap berkendara di jalan raya.

Bupati Dairi melepas keberangkatan bus sekolah gratis.

Menurutnya, Kebijakan-kebijakan baru yang dilakukan oleh Pemerintah mungkin saja belum dapat memuaskan semua unsur, oleh karena itu ia mengajak seluruh pihak terkait agar berperan aktif secara bersama dalam mensosialisasikannya.

“Sehingga nantinya dapat berjalan dan bersinergi, terutama dalam mensukseskan visi Pemkab Dairi “Mewujudkan Dairi Unggul Yang Mensejahterakan Masyarakat Dalam Harmoni Keberagaman,”sebutnya.

Lebih lanjut kepada wartawan Eddy menjelaskan, fasilitas bus gratis diperuntukkan untuk jalur tertentu yang memang belum tersedia kendaraan umum atau sedikit tersedia kendaraan umum. Dimana anak-anak sekolah menemui banyak kesulitan dari rumah menuju sekolah.

“Masih 4 bus yang kita launching pada hari ini dan masih  uji coba. Pemkab Dairi melalui Dishub masih terus melakukan review mencari cara yang paling efektif untuk bisa melayani,”ujarnya.

Ditambahkan Eddy, kedepannya Pemkab Dairi ingin melayani lebih banyak anak-anak pelajar di Kecamatan yang lainnya. Karena ini masih bersifat uji coba dan bus yang ada juga sangat terbatas, maka akan memaksimalkan cara-cara yang efektif untuk melakukan pelayanan. Dan uji coba ini akan dilakukan dalam waktu 2-3 bulan.

Pantauan wartawan, sebelum melaunching secara resmi bus sekolah gratis, Bupati menyapa langsung para pelajar yang sudah menunggu di dalam bus untuk di berangkatkan. Terlihat para pelajar cukup antusias dan semangat saat Bupati Dairi menyapa para pelajar.

Bupati berpesan kepada para pelajar agar tetap belajar dengan penuh semangat untuk mengejar cita-cita dan meraih masa depan yang gemilang. (fjr)

Sahabat Marhaen

Read Previous

Tim Monitoring TP PKK Provsu, Kunjungi Desa Belang Malum Sidikalang

Read Next

Pelajar Dan Warga Ucapkan Terimakasih Pengoperasian Bus Sekolah Gratis

Leave a Reply

error: Content is protected !!