Bupati Dairi : PSC 119 Layani Masyarakat Dairi 24 Jam

Dairi, sahabatmarhaen.com

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Dairi kedepan adalah upaya pembangunan di bidang pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Oleh karena itu, sektor kesehatan dengan tekad bulat di masukkan dalam program 100 hari kerja, salah satunya denga peluncuran PSC 119.

Hal itu diungkapkan Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu saat meresmikan dan launching sistem penanggulangan kegawatdarurartan terpadu atau Publik Safety Centre (PSC) 119. Kegiatan dilaksanakan di Posko PSC 119, jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Senin (5/8/2019).

Disebutkan Eddy, PSC 119 sebagai pusat layanan masyarakat melalui SK yang telah di tandatanganinya sebagai dasar bekerja untuk melayani masyarakat terkait kegawatdaruratan.

“Secara konsep PSC 119 bertugas selama 24 jam, karena gangguan kesehatan masyarakat bisa terjadi kapan saja. Untuk itu, para petugas harus siap bertugas dan siaga untuk menjaga kegawatdaruratan. Jadi jalankanlah tugas ini dan selalulah berupaya untuk meningkatkan pelayanan,”ucap Eddy.

Ini juga nantinya harus di dukung oleh jaringan pelayanan kesehatan di berbagai titik yang tersebar di Kabupaten Dairi. Sebagai rincian saat ini terdapat Puskesmas pembantu sebanyak 122, Puskesmas Desa 102, Ambulance Puskesmas Keliling sebanyak 20 unit, Ambulance rumah sakit sebanyak 4 unit dan Puskesmas sebanyak 18.

 “Oleh karena itu, saya berharap setelah launching ini koordinasi antar masing-masing pihak terkait harus mutlak dilakukan, tinggalkan ego sektoral dan fokus kepada pelayanan masyarakat,”harapnya.

Kepada para Camat dan Kepala UPT Puskesmas yang hadir, Eddy menginstruksikan agar terus melakukan sosialisasi program layanan baru ini kepada masyarakat hingga masyarakat benar-benar paham langkah-langkah yang harus ditempuh dalam layanan ini.

“Saya berharap PSC 119 ini di masa yang akan datang agar lebih di tingkatkan dan sistem ini jika memungkinkan akan di integrasikan dengan Nasional Command Center  (NCC) yang dimiliki oleh Kementrian Kesehatan RI,”sebut Eddy.

Pantauan wartawan, Launching sekaligus peresmian gedung posko PSC 119 di tandai dengan pelepasan balon ke udara dan penguntingan pita oleh Bupati Dairi.(fjr)

Sahabat Marhaen

Read Previous

Pelajar Dan Warga Ucapkan Terimakasih Pengoperasian Bus Sekolah Gratis

Read Next

Bupati Dairi Hunjuk Seketaris Pengawas PD Pasar Sebagai Direksi Baru

Leave a Reply

error: Content is protected !!