Kawasan Perbukitan Tao Silalahi Danau TobaTerbakar

Petugas BPBD Dairi saat membantu memadamkan api.

Dairi, sahabatmarhaen.com

Kawasan hutan perbukitan Tao Silalaahi (Danau Toba) yang berada di Dusun Sinongnong, Desa Silalahi II, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi pada, Kamis (12/9/2019) jam 15.30 WIB terbakar.

Selain menghanguskan kawasan perbukitan hutan seluas 5 hektar, api juga membakar tanaman perladangan milik warga.

Kepala Badan Penanggulanga Bencana Daerah (BPBD) Dairi, Bahagia Ginting mengatakan, untuk saat ini upaya untuk memadamkan api dilakukan secara manual.

“Petugas BPBD yang kita turunkan dilokasi bersama masyarakat secara bahu membahu memadamkan api dengan peralatan seadanya,”kata Bahagia.

Disebutkannya, untuk penyebab kebakaran belum diketahui, karena untuk saat ini petugas BPBD fokus memadamkan api agar tidak menyebar lebih luas.

“Saat ini petugas kita bersama masyarakat masih berada di lokasi membantu memadamkan api,”ujarnya,

Sementara, Bona Pintu Batu warga desa setempat saat dihubungi melalui telepon selulernya menjelaskan, hingga malam ini masih terlihat bara api diatas perbukitan kawasan hutan.

“Masih terlihat bara api diatas perbukitan, mungkin dari batang dan ranting kayu yang terbakar tadi,”sebutnya.

Menurut Bona, memang dalam beberapa bulan ini di Kecamatan Silahisabungan tidak ada turun hujan (Kemarau) dan angin sedikit kencang.

“Biasanya bila musim kemarau rerumputan dan semak-semak diatas perbukitan mengering, sehingga mudah terbakar bila terkena api,”ujarnya. (fjr)

Sahabat Marhaen

Read Previous

Camat Sidikalang : Penjaringan BPD Lebih Mengedepankan Musyawara Dan Mufakat

Read Next

Kantongi Sabu, Cewek Cafe Tak Berdaya Diamankan Polisi

Leave a Reply

error: Content is protected !!