Pemkab Dairi Akan Tertibkan Penyaluran BBM Bersubsidi Di SPBU

SPBU milik Marga Simamora yang mendapat skors dari Pertamina.

Dairi, sahabatmarhaen.com

Masih adanya pemilik SPBU nakal yang menjualn BBM bersubsidi dengan jeregen kepada penjual minyak ketengan dan pihak industri. Membuat berang Pemerinta Kabupaten (Pemkab) Dairi.

Pasalnya akibat penjualan BBM bersubsidi jenis solar tersebut, telah terjadi kemacetan dan antrian panjang kendaraan di sejumlah SPBU, seperti yang terjadi di SPBU milik Marga Simamora di jalan Ahmad Yani, Kecamatan Sidikalang.

Sebagai tindak lanjut adanya temuan pengisian solar bersubsidi ke jerigen tersebut, Pemkab Dairi bersama Pertamina menggelar rapat dengan para pengelola SPBU se-Kabupaten Dairi di ruang Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi.

Rapat tersebut untuk membahas penertiban penyaluran BBM di Kabupaten Dairi yang dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Sebastianus Tinambunan bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Paraja, Bagian Perekonomian dan Dinas terkait lainnya.

Selain itu juga dihadiri Sales Executive Retail III Pertamina, Hasanuddin Ritonga.

Pada kesempatan tersebut, Sebastinus Tinambunan meminta kerjasama yang lebih intensif antara Pemkab Dairi dan Pertamin, serta pelaku usaha SPBU. Sehingga penyaluran BBM sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Akibat pelanggaran yang dilakukan SPBU milik Marga Simamora Pertamina melakukan skors tidak mengirimkan solar bersubsidi selama 1 minggu kepada SPBU dimaksud,”kata Sebastianus, Rabu (11/9/2019) lalu.

Untuk sementara mengalihkan jatah solar mereka kedua SPBU lain di Sidikalang. Menurut pihak Pertamina, hal ini merupakan salah satu bentuk pembinaan terhadap SPBU untuk tetap mengikuti ketentuan yang berlaku.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Dairi Rahmat Syah Munthe menyampailan permohonan maaf  kepada masyarakat Kabupaten Dairi atas terjadinya antrian panjang kendraan di sejumlah SPBU di Kabupaten Dairi..

Ia berharap kepada masyarakat secara bersama-sama mengawasi penyaluran BBM bersubsidi agar tepat sasaran.

“Kepada pengelola SPBU, agar mengikuti aturan yang telah di tetapkan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam hal penyaluran BBM bersubsidi,”tegasnya.

Sesuai dengan hasil rapat, telah disepakati komitmen bersama Pemkab Dairi, Pertamina dan Pengusaha SPBU untuk menyalurkan BBM bersubsidi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Berdasarkan Keputusan Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi, bahwa kuota volume solar untuk Kabupaten Dairi sebesar 12.312 kl, per Agustus 2019 penyaluran solar sudah over sebesar 7 %. (YG)

Sahabat Marhaen

Read Previous

Kantongi Sabu, Cewek Cafe Tak Berdaya Diamankan Polisi

Read Next

Dandim 0206/Dairi Hadiri Peletakan Batu Pertama Kantor PHU Marga Cibro

Leave a Reply

error: Content is protected !!