Bibit Jagung Komposit Marhaen Solusi Atasi Kesulitan Petani

Benpa Hisar Nababan saat memperkenalakan bibit jagung komposit marhaen.

Dairi, sahabatmarhaen.com

Bibit jagung komposit adalah jagung yang benihnya campuran dari beberapa varietas, sehingga individunya heterozygot dan heterogen.

Hal itu disebutkan Sintua HKBP Benpa Hisar Nababan yang saat ini juga masih menjabat wakil Ketua DPRD Kabupaten Dairi ketika ditemui di kediamannya di jalan Perjuangan, Desa Sitijo II, Kecamayan Sitijo, Kamis (19/9/2019).

Disebutkannya, bibit lokal komposit berwarna merah tua yang diberi nama marhaen tersebut sengaja dikembangkan untuk membantu para petani, khususnya petani kecil yang ada di Kabupaten Dairi untuk memenuhi kebutuhan bibit jagung.

“Sebagian besar penduduk Dairi hidup bergantung dari bertani, karena terkendala biaya membeli bibit yang mahal, khususnya bibit jagung membuat para petani mengalami kesulitan,”kata Benpa

Dengan adanya bibit jagung komposit ini diharapkan bisa mengedukasi para petani, untuk mengurangi ketergantungan terhadap bibit jagung yang harganya mahal.

“Walau hasil panen jagung komposit tidak sebanyak dibanding jagung hibrida, setidaknya bisa membantu petani dalam hal mendapatkan bibit jagung murah”ujar Benpa.

Dijelaskannya, bahwa kelebihan bibit jagung komposit ini, hasil panen jagungnya masih bisa untuk digunakan bibit untuk ditanam berulang-ulang. Sehingga para petani tidak kesulitan lagi untuk mendapatkan bibit yang akan ditanam.

“Hasil panen jagung yang berwarna kuning bisa mereka jual dan yang berwarna merah tua bisa dijadikan bibit kembali,”terangnya.

Ditambahkan Benpa, jagung komposit ini juga tahan akan berbagai cuaca, contohnya pada saat curah hujan tinggi, tongkol dan buah jagung tidak busuk.

“Untuk saat ini bibit jagung komposit masih dalam pengembangan dan tidak diperjual belikan,”pungkasnya. (fjr)

 

Sahabat Marhaen

Read Previous

KPU Dairi Undang Bakal Calon Pemilih Pemula Ke Rumah Pintar Pemilu

Read Next

Bupati Dairi Serahkan Rancangan KUA Dan PPAS APBD Tahun 2020 Ke DPRD Dairi

Leave a Reply

error: Content is protected !!