Danrem 023/KS : TMMD Diharapkan Bisa Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dan Percepatan Pembangunan

Danrem 023/KS saat menyerahkan bantuan kepada pemerintah Kecamatan Gunung Sitember.

Dairi, sahabatmarhaen.com

Untuk wilayah korem 023/KS sesuai program saat ini, pelaksana TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-106 jatunya di Kabupaten Dairi dan dilaksanakan di Kecamatan Gunung Sitember,

Melalui program (TMMD) diharapkan TNI bisa manunggal bersama rakyat, secara khusus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pembangunan.

“Jadi melalui kegiatan TMMD ini kita membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan,”terang Danrem 023/KS, Kolonel Inf Tri Saktiyono saat menghadiri upacara pembukaan TMMD Ke-106 tahun 2019 di wilayah Kodim 0206/Dairi yang dilaksanakan di lapangan sepak bola, Desa Rante Besi, Kecamatan Gunung Sitember, Rabu (2/10/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Tri Saktiyono juga mengajak kepada masyarakat agar sama-sama ikut membangun negeri, khususnya desa, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan fasilitas-fasilitas serta infrastruktur yang ada di pedesaan.

“Tentunya ini akan berguna bagi masyarakat dan kedepan kita akan semangkin maju,”ungkapnya.

Sekda Dairi Sebastianus Tinambunan mewakili Bupati Dairi usai memimpin upacara pembukaan TMMD mengatakan, bahwa 90 persen masyarakat di Kecamatan Gunung Sitember hidup bertani. Dengan pembukaan jalan ini, diharapkan dapat membuka jalur-jalur transportasi jalan untuk memudahkan akses perekonomian.

“Sehingga biaya produksi akan berkurang, selama ini mungkin mereka memundak untuk mengangkut hasil pertanian. Dengan dibukanya jalan nantinya akan mempermuda distribusi dan penjualan hasil pertanian masyarakat,”kata Sebastianus.

Sekda Dairi bersama Dandim 0206/Dairi melakukan pemeriksaan peserta upacara.

Sementara Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto SH menjelaskan, pelaksanaan TMMD bertujuan, membantu pemerintah daerah dalam akselerasi pembangunan daerah, khusususnya Kabupaten Dairi wilayah Kodim 0206/Dairi.

Kegitan TMMD Ke-106 Tahun 2019 akan dilaksanakan selama 30 hari, yakni membuka jalan sepanjang 7 Km dengan lebar 8 meter, pembuatan gorong-gorong sebanyak 3 unit dan  perehapan tempat ibadah Gereja satu unit.

“Selain itu, kita juga melaksanakan penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, serta enyuluhan/sosialisasi pelayanan kesehatan, pertanian, pendidikan, hukum dan Kamtibmas, narkoba, keagamaan dan KB kesehatan,”terang Hadi Purwanto.

Saat ditanya kendala yang dihadapi dilapangan terkait pelaksanaan TMMD, Hadi Purwanto mengatakan, kalau sampai saat ini belum ada kendala yang berarti. Hanya kendala biasa, seperti cuaca.

“Apalagi kita tau sekarang memasuki bulan Oktober, sehingga hampir setiap hari pasti turun hujan. Ini sedikit banyak mengganggu kita dalam pelaksanaan dilapangan. Tapi apapun kendalanya kita udah siap menjalani,”ujarnya.

Ditambahkan Hadi Purwanto melalui program ini, diharapkan dapat mengeratkan hubungan TNI dengan masyarakat, karena pelaksanaan TMMD bukan hanya kegiatan fisik, tapi juga kegiatan non fisik, seperti kedekatan TNI dengan masyarakat.

Kegiatan yang mengambil tema,”Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat” juga dihadiri, Wakapolres Dairi Kompol David Silalahi, Kajari Dairi Syahrul Juaksha Subuki, SKPD Pemkab Dairi, Camat, Kepala Desa, OKP, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya. (fjr)

Sahabat Marhaen

Read Previous

Dimarahi Orang Tuanya, Siswi SMK Ini Milih Lompat Ke Sungai

Read Next

Usai Beli Sabu, Pengendara Honda Supra Diamankan Polisi

Leave a Reply

error: Content is protected !!