Sebentar Lagi Pupuk Bersubsidi Bisa Dinikmati Petani Di Kabupaten Dairi

Dairi, sahabatmarhaen.com

Usaha Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi untuk mengatasi masalah kelangkaan pupuk yang terjadi dalam waktu beberapa bulan ini telah membuahkan hasil. Dimana dalam waktu dekat ini pupuk bersubsidi sudah bisa mulai disalurkan ke petani.

Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, bahwa penambahan alokasi pupuk bersubsidi segera akan direalisasikan.

“Hal ini bisa terwujud dari upaya dan kerja keras yang dilakukan Pemkab Dairi,”kata Eddy, Sabtu (25/10/2019).

Disebutkan Eddy, untuk mengantisipasi kelangkaan pupuk bersubsidi , Pemkab Dairi terus berkomunikasi dengan Kementerian Pertanian dan Gubernur Sumatera Utara baik dengan surat maupun berkomunikasi langsung.

“Akhirnya  kerja keras kita membuahkan hasil yang positif dengan terbitnya SK Dirjen PSP Kementerian Pertanian RI dan SK Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi sumatera Utara tentang realokasi/penambahan Alokasi Pupuk Bersubsidi,”terang Eddy.

Berdasarkan SK yang diterbitkan, Kabupaten Dairi mendapatkan penambahan alokasi pupuk bersubsidi untuk 5 jenis pupuk dengan rincian sebagai berikut Urea bertambah sebanyak 920 Ton , SP-36 sebanyak 1.700 Ton , ZA sebanyak 1.000 Ton ,NPK sebanyak 350 Ton , Organik sebanyak 100 Ton .

“Dengan adanya penambahan ini, bisa menjadi angin segar untuk para petani di Kabupaten Dairi,”ujar Eddy.

Lebih lanjut Eddy menjelaskan, penambahan Alokasi ini jika dibandingkan dengan usulan penambahan sebelumnya memang masih kurang, namun jika dilihat dari presentase penambahan alokasi secara provinsi.  Penambahan ini sudah merupakan angka yang cukup besar.

“Kabupaten Dairi berada di peringkat 5 besar dari 33 kabupaten/Kota se-Sumatera Utara yang mendapatkan alokasi penambahan pupuk bersubsidi terbanyak. Hal ini sebuah capaian yang patut kita syukuri,”sebut Eddy.

Dengan penuh rasa syukur, Eddy mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses terbitnya SK realokasi pupuk bersubsidi yang selanjutnya Pemkab Dairi akan menerbitkan SK realokasi pupuk bersubsidi antar kecamatan.

“Sehingga dalam waktu dekat ini pupuk bersubsidi yang ada di gudang produsen akan segera dapat disalurkan ke petani melalui distributor dan Kios pengecer,”ucap Eddy.

Pemkab Dairi kata Eddy akan komit untuk melakukan pengawasan yang ketat terhadap penyaluran pupuk bersubsidi dengan turun langsung ke kios pengecer untuk memastikan pupuk tersebut tepat sasaran kepada petani yang berhak dan membutuhkannya.

”Untuk itu diminta kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Dairi, agar sama-sama ikut mengawal dan memonitor penyaluran pupuk bersubsidi nantinya,”pungkasnya. (fjr)

Sahabat Marhaen

Read Previous

KPU Dairi Lakukan Rapat Evaluasi Dengan Pengurus Parpol Dan Forkompinda

Read Next

Sosialisasi Ops Zebra Toba 2019, Satlantas Polres Dairi Pasang Sepanduk Himbauan

Leave a Reply

error: Content is protected !!