Bupati Dairi : Dengan Persatuan Kita Bisa Mewujudkan Cita-Cita Bangsa

Bupati Dairi didampingi Forkompinda dan perwakilan pelajaran berpakaian adat daerah foto bersama.

Dairi, sahabatmarhaen.com

Bupati Dairi, DR Eddy Keleng Ate Berutu memimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019. Kegiatan dipusatkan di lapangan sepak bola Sudirman, Kecamatan Sidikalang, Senin (28/10/2019) pagi.

Dalam sambutannya, DR Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan, bahwa setiap 28 Oktober bagsa Indonesia selalu memperingati Hari Sumpah Pemuda, untuk itu penghargaan yang tinggi kepada tokoh pemuda terdahulu yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda. Sehingga menjadi pelopor pemuda mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91ini megambil tema,”Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda pada tahun1928 dalam sumpah pemuda.

“Bahwa dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,”kata Eddy.

Pesatnya perkembangan informasi teknologi ibarat dua mata pisau, satu sisi memberikan kecepatan informasi. Sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

“Namun pada sisilain perkembangan ini mempunyai dampak negatif informasi bersifat destruktif, mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas, hingga radikalisme dan terorosme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak bisa membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,”sebut Eddy.

Upacara sumpah pemuda yang dilaksanakan di lapangan Sudirman, Sidikalang.

Menurut Eddy, pemuda yang memilii karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan kinerja yang beriman dan bertaqwa berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggungjawab, disiplin, kerja keras, kerja ikhlas dan tuntas,

“Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan sekil kepemimpinan kewirausahaan dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi, agar mampu berperan aktif dalam kanca internasional,”ujarnya.

Tema “Bersatu Kita Maju”, sesungguhnya diperuntukan untuk semua elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan. Karena ditangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju.

“Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memilki karakter, kapasitas kemampuan dan inovasi kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,”ungkapnya.

Diakhir sambutannya Eddy mengatakan, semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia  harus terus menjadi obor semangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kanca dunia.

Usai upacara kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan piala dan hadiah bagi para pemenang dalam perlombaan yang dilaksanakan dalam menyambut dan memeriahkan peringatan hari sumpah pemuda.

Kegiatan tersebut dihadiri dan diikuti, Forkompinda, SKPD Pemkab Dairi, TNI, Polri, OKP, KNPI, Pelajar SMU, SMP dan SD. (fjr)

Sahabat Marhaen

Read Previous

Melalui Instagram, Hotman Paris Hutapea Minta Kapolres Dairi Tindaklanjuti Kasus Penganiayaan

Read Next

Cekcok Di Warung Kopi, Pakenta Ginting Tikam Beni Tarigan

Leave a Reply

error: Content is protected !!