33 Kepala Desa Di 12 Kecamatan Kabupaten Dairi Dilantik

Bupati menyematkan tanda jabatan kepada Kepala Desa.

DAIRI, sahabatmarhaen.com

Sebanyak 33 Kepala Desa di 12 kecamatan yang terpilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Nopember 2019 lalu dilantik. Acara pelantikan yang dipimpin langsung Bupati Dairi dilaksanakan di Gedung Balai Budaya Pemkab Dairi Jalan Sisingmangaraja, Kecamatan Sidikalang, Rabu, (18/12)

Usai melakukan pelantikan, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, pada tanggal 12 November 2019 telah dilaksanakan pemilihan Kepala Desa secara serentak di 33 Desa pada 12 Kecamatan, pelaksanaan Pilkades berjalan dengan lancar, demokratis, aman dan kondusif.

Pada Pilkades tersebut banyak dinamika yang terjadi, namun masih wajar di dalam kehidupan demokrasi. Masyarakat Dairi percaya, bahwa  P2KD telah berupaya untuk melaksanakan Pilkades ini dengan maksimal meskipun dengan hambatan dan keterbatasan yang ada.

Berbagai kekurangan dan kesalahan pada saat Pilkades kemarin, perlu untuk diperhatikan. Eddy berharap di masa yang akan datang harus diperbaiki agar lebih baik lagi. Karena pada pilkades tahun 2021akan lebih banyak lagi Desa yang akan menyelenggarakan Pilkades, ada sebanyak 106 Desa.

“Sesuai dengan ketentuan PP No. 43 Tahun 2014, diamanatkan bahwa RPJMDesa dalam jangka waktu selama 3 bulan harus segera ditetapkan terhitung sejak pelantikan Kepala Desa,”sebutnya.

Kepada kepala Desa yang baru dilantik, Eddy berpesan agar merangkul calon kepada Desa yang kalah dan apa yang menjadi visi-misi calon yang kalah bisa menjadi pertimbangan dalam menyusun RPJMDes untuk 6 tahun kedepan.

“Segala pebedaan yang terjadi selama tahapan Pilkades agar dihilangkan, sehingga kondisi desa dapat kondusif dan aman,”ujarnya. (fjr)

Sahabat Marhaen

Read Previous

DPD KNPI dan DPC GAMKI Dairi Rayakan Natal Bersama OKP

Read Next

Pemkab Dairi Terima Penghargaan APE 2019 Dari Gubsu

Leave a Reply

error: Content is protected !!