Bupati dan Wabup Dairi Kompak Buka Kejuaraan Pencak Silat Piala Kemenag Ke-2

Bupati Dairi dan Wabup foto bersama dengan pesilat

Sahabatmarhaen.com-Dairi

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan Wakil Bupati (Wabup) Jimmy AL Sihombing kompak hadiri dan buka Kejuraan Pencak Silat Piala Kementrian Agama (Kemenag) Ke 2 yang dilaksanakan di Gedung Olahraga

Kegiatan yang dirangkai dengan pelantikan Pengurus Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Dairi periode 2019-2023, juga dihadiri

Ketua IPSI Sumatera Utara Hj Dahliana beserta rombongan, Ketua IPSI Kabupaten Dairi Sarimun Banurea, Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Olahraga Kabupaten Dairi, Perwakilan Kemenag Kabupaten Dairi, Tokoh Masyarakat, dan para atlit pencak silat yang akan bertanding.

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu dalam sambutannya menyampaikan, bahwa IPSI merupakan induk organisasi resmi yang berada dibawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Pencak silat merupakan suatu seni beladiri turun temurun dari leluhur bangsa melayu yang dipraktekkan juga di beberapa negara seperti India dan Brunai.

“Saya berharap pencak silat dapat digerakkan dan disebarluaskan sampai ke berbagai pelosok di Kabupaten Dairi sebagai sebuah lembaga sekaligus sebagai ekspresi kebudayaan kita dan kebudayaan nasional. Terkhusus untuk Kabupaten Dairi secara tradisional seni beladiri pencak silat berkembang turun menurun diajarkan orang tua kita yang disebut dengan Moccak,”kata Eddy.

Disebutkan Eddy, dengan adanya kejuaraan pencak silat ini, Pemerintah Kabupaten Dairi mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang besar kepada Kantor Kemenag Kabupaten Dairi, karena telah memprakarsai dan mendukung acara ini untuk kedua kalinya.

“Kami terus mengharapkan dukungan dan sinergitas dari berbagai stakeholders, khususnya dari IPSI Kabupaten Dairi dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Dairi melalui seni beladiri pencak silat. Hal ini untuk mewujudkan visi kita mewujudkan Dairi unggul yang mensejahterakan masyarakat dalam harmonik,”ucap Eddy.

Suarakan terus dukungan kepada Pemerintah yang sedang bekerja melakukan perubahan, mari proaktif. Kalau sudah berilmu dan berisi tetaplah rendah hati, jangan sombong, jadilah penyangga, jadilah penebar persaudaraan dan persatuan di tempat kalian berada.

“Jauhkan perpecahan, galang terus persatuan dan persaudaraan kita,”tegas Eddy diakhir sambutannya.

Ketua IPSI Sumatera Utara Hj Dahliana menyampaikan, tetaplah bersyukur semoga kegiatan ini berkelanjutan dan tetap mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Dairi.

Berlatih terus karena pertandingan ini disaksikan oleh Bupati langsung dan didukung oleh Wakil Bupati juga, serta ucapan terimakasih yang besar kepada Kantor Kemenag Kabupaten Dairi, karena telah mendukung dan memprakarsai kegiatan ini.

“Selamat bertanding junjung tinggi sportifitas, jaga kesehatan, dan jauhi narkoba,”ucap Dahliana.

Pembukaan kejuaraan pencak silat, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Dairi

Reporter : Junitha

Editor : Fajar Gunawan

Sahabat Marhaen

Read Previous

Pemkab Dairi : Problem Distribusi dan Pelayanan BBM di SPBU Kepada Masyarakat Harus Segera Diselesaikan

Read Next

Polres Dairi Berikan Tali Asih Kepada Warga Empat Anaknya Disabilitas

Leave a Reply

error: Content is protected !!