Pelaksanan Ujian SKD CPNS Pemkab Dairi Berakhir, Peserta Tidak Ikut Ujian 1500 Orang

Peserta CPND Pemkab Dairi, sebelum melaksanakn ujian SKD CPNS.

Sahabatmarhaen.com-Dairi

Pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan  Pemkab Dairi berakhir hari ini, Rabu (19/2/2020). Dari 19.020 peserta CPNS yang terdaftar, sebanyak1.500 orang tidak hadir mengikuti ujian.

Hal itu disampaikan, Maslen Sinaga Koordinator SKD Lokasi Kabupaten Dairi usai pelaksanaan ujian hari terakhir di Hotel Beristera, Jalan Sidikalang-Medan, Kecamatan Sitinjo. Disebutkannya untuk pesrta SKD yang lulus memenuhi syarat passing grade sebanyak 40 persen dan yang tidak lulus sebanyak 50 persen lebih.

Sedangkan untuk skor tertinggi menurut Maslen, 429 untuk formasi guru Kimia atas nama Fernando Simanjuntak dan Veronika N, 424 untuk formasi guru Bahasa Inggris. Untuk yang lulus passing grade diambil tiga besar, jadi formasi di Pemkab Dairi ada 285. Sehingga  yang akan ikut untuk tes berikutnya sebanyak 855 orang.

“Tapi kalau tidak memenuhi passing grade tidak harus dikali tiga, contohnya untuk guru agama formasinya ada 2, berarti kalau dikali 3 jumlahnya ada 6. Ternyata yang lulus pasing grade itu hanya 4 orang. Maka yang dimajukan hanya 4 orang saja,”kata Maslen.

Dijelaskan Marlen untuk skor terendah passing grade yang telah ditentukan 271, walaupun lulus belum tentu bisa ikut ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), karena kalaupun yang lulus ada enam orang yang diambil hanya renking satu sampai renking tiga besar saja.

“Karena rumusnya tiga kali formasi, maka hanya 3 orang saja nanti yang ikut seleksi,”sebutnya.

Ketika ditanya persyaratan untuk ujian berikutnya, Marlen mengatakan, tidak jauh berbeda dengan persipan ujian SKD. Di ujian SKB nanti juga seleksinya seperti itu.

“Persiapan-persiapan yang dilakukan juga seperti sekarang ini, karena sistemnya juga sama,”ucap Maslen.

Lebih lanjut dikatakan Maslen, kalau untuk pelaksanaan ujian SKB akan ditentukan Panitia seleksi Daerah (Panselda) dan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Sehingga untuk bulan dan tanggal belum bisa diputuskan sekarang.

“Selesai nanti pengolahan data keseluruhan, baru akan dibahas waktu pelaksanaan SKB. Untuk pelaksanaan tempat nanti yang menentukan Panselda dan Kepala BKPSDM Kabupaten Dairi,”terangnya.

Sementara Kepala BKPSDM Dairi, Dapot Hasudungan Tamba saat ditanya kendala dalam pelaksanaan ujian SKD CPNS mulai hari pertama hingga terakhir menyampaikan, tidak ada kendala dan berjalan sukses berkat bantuan pers dalam pemberitaannya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pers yang ada di Kabupaten Dairi, karena selama pelaksanaan ujian CPNS ini, berita yang kami baca cukup membangun,”ucapnya

Editor : Fajar Gunawan

Sahabat Marhaen

Read Previous

Petrasa Dairi Berikan Pelatihan Hukum dan HAM Kepada Masyarakat Sekitar Tambang PT DPM

Read Next

Raih Skor Tertinggi Ujian CPNS formasi Guru Bahasa Inggris, Warga Toba Siap Pindah Ke Kabupaten Dairi

Leave a Reply

error: Content is protected !!