Gunakan Anggaran APBD Untuk Penanganan Covid-19, Bupati Dairi Minta Pengawasan Kejari

Bupati Dairi dan Kajari kersama dalam pengawasan Dana APBD untuk Penggunaan penaganan Covid-19.

Sahabatmarhaen.com-Dairi

Pemkab Dairi akan bersinergi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Dairi membahas pengunaan anggaran APBD untuk percepatan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 (Corona Virus) yang terjadi sekarang ini.

“Pertemuan itu untuk membahas langkah-langkah penganggaran APBD yang akan dilakukan guna percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Dairi,” kata Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu usai melakukan kunjungan dan pertemuan ke Kantor Kejari Dairi, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Senin (30/3/2020) sore.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Dairi berkonsultasi dan meminta pendampingan hukum pihak kejaksaan dalam pelaksanaan relokasi anggaran, pengadaan barang/jasa, penerimaan hasil pengadaan dan pendistribusian.

“Hingga penyusunan laporan percepatan penanganan Covid-19 yang dilaksanakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi,” sebut Eddy Berutu.

Dengan pendampingan tersebut , diharapkan dapat membuat semua unsur terkait di Pemkab Dairi, yakin dalam menganggarkan dan penggunaannya dengan cepat, tepat dan akuntabel.

“Saya juga tegaskan kepada jajaran pengelola anggaran, agar bekerja secara tertib administrasi dan anggaran, jangan sampai ada penyelewengan yang terjadi,” ucap Eddy Berutu.

Eddy Berutu juga menyampaikan, Pemkab Dairi saat inisedang berupaya sekuat tenaga  untuk memenuhi peralatan medis yang dibutuhkan oleh tim medis yang bekerja di RSUD Sidikalang dalam upaya penanganan pasien Covid-19.

“Saya juga telah menginstruksikan untuk memfungsikan gedung olahraga (GOR) yang berada di Jalan Rumah Sakit Umum, Kecamatan Sidikalang untuk dijadikan alternative pilihan ruang isolasi,” terang Eddy Berutu.

Sementara Kajari Dairi, Syahrul Juaksha Subuki, SH, MM mengatakan, pihaknya siap mendukung upaya itu. Apalagi merupakan bagian dari gugus tugas untuk percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Dairi. Sehingga diharapkan tidak ada lagi birokrasi yang menjadi penghalang.

“Kita tidak bicara Kejaksaaan dan Pemkab lagi sekarang. Kita sekarang berbicara gugus tugas yang unsurnya ada Kejaksaan dan Pemkab Dairi didalamnya. Kami akan ambil peran untuk memberikan pendampingan hukum dalam proses revisi, pengesahan hingga penggunaan anggaran yang diperuntukkan mencegah penularan dan penanggulangan atau pengobatan pasien covid-19 di Kabupaten Dairi,” ujar Syahrul.

Lebih lanjut disampaikan Syahrul, untuk mendukung upaya Pemkab Dairi dalam hal penanganan covid19, Kejari Dairi memiliki inventaris gedung rumah dinas  yang belum ditempati.

“Kami siap meminjamkan gedung tersebut bila diperlukan untuk rumah singgah atau ruang karantina (isolasi) jika nantinya RSUD Sidikalang tidak cukup untuk digunakan sebagai rumah singgah.

Selain itu, Kajari Dairi mengatakan pihaknya akan memberikan bantuan berupa bahan makanan, vitamin, APD, masker dan hand sanitiser. Bantuan dari jajaran Kejari Dairi akan diserahkan langsung kepada para petugas medis RSUD Sidikalang yang menangani  pasien Covid-19.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi , Kepala BPBD Kabupaten Dairi Sahala Tua Manik, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Dairi Rahmat Syah Munthe, Inspektorat Kabupaten Dairi serta Plt Kepala Badan Keuangan Kabupaten Dairi.

Reporter : Junitha Sihombing

Editor : Fajar Gunawan

Sahabat Marhaen

Read Previous

Cegah Corona Oprasional Pasar Sidikalang Sampai Jam 14.00 WIB, Pedagang Mengeluh

Read Next

Kendaraan Masuk Dairi Akan Disemprot Disinfektan Cegah Penyebaran Covid-19

error: Content is protected !!