FPMD Gelar Diskusi Tentang Wawasan Kebangsaan

Koordinator FPMD menyerahkan piagam pengharagaan kepada narasumber.

Sahabatmarhaen.com-Dairi

Forum Pemuda dan Mahasiswa Dairi (FPMD) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang wawasan kebangsaan, bertempat di Aula Sekolah MIN Sidikalang, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Kegiatan diselenggarakan pada, 18 Maret 2020 lalu dengan mengambil tema “ Pentingnya Wawasan Kebangsaan Kepada Setiap Warga Negara”.

Sebanyak 30 orang peserta mengikuti kegiatan tersebut, mereka berasal dari berbagai organisasi kepemudaan dan mahasiswa, seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Mahasiswa Muslim Dairi (IMMUDA), GP Ansor, Mahasiswa STAI-AD, LPA dan beberapa utusan pemuda  dari berbagai kecamatan.

Koordinator FPMD, Idrus Maha menegaskan, kegiatan yang dilaksanakan sebagai upaya untuk mensosialisasikan konsepsi cara berpikir warga negara dalam bingkai NKRI.

“FGD wawasan kebangsaan sangat penting dilakukan, agar generasi muda mampu mempertahankan nilai-nilai kebangsaannya,” kata Idrus kepada wartawan, Selasa (31/3/2020).

Para narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan itu, Kamidun Solin, S.Pd.I yang juga Ketua GP Ansor Dairi, Fitrianto Berampu tokoh pemuda Dairi sekaligus menjabat sebagai Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Dairi. Dan Selamat Bahagia Maha, M.Si, Pemuda Inspiratif dan Berprestasi Tahun 2019 versi Kemenpora RI.

Kamidun Solin dalam materinya menyampaikan, bahwa cinta negara adalah sebahagian dari iman, jangan coba-coba membenturkan agama dengan negara.

“Hasyim Ashari  menyebutkan, Hubbul Wathon Minal Iman, artinya cinta tanah air sebahagian dari iman. Itu sudah cukup jelas” ucapnya.

Sementara Fitrianto Berampu memberikan materi serta motivasi kepada peserta terkait implementasi wawasan kebangsaan dalam kehidupan pemuda dan mahasiswa.

“Jangan cepat menuntut apa yang telah diberikan bangsa ini kepadamu, tapi coba tanya apa yang sudah saudara perbuat bagi bangsa ini” ujarnya.

Sementara, Selamat Bahagia Maha menjelaskan, tentang sejarah bangsa Indonesia, arti, tujuan hingga fungsi wawasan kebangsaan. Menurutnya, wawasan kebangsaaan adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya.

“Mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyaakat dan bernegara,” terangnya,

Pada kegiatan tersebut, para peserta sangat antusias mengikti kegiatan, Usai narasumber menyampaikan materinya, kegiatan dilanjutkan diskusi serta tanya jawab yang dipandu moderator, Jevri Sagala SE.

Diakhir kegiatan, pemuda dan mahasiswa bersepakat untuk mengambil peran membantu pemerintah dalam melawan wabah virus corona (Covid-19) yang merebak di Indonesia  sekarang ini khususnya di Kabupaten Dairi.

Reporter : Fajar Gunawan

Sahabat Marhaen

Read Previous

Alumni GMNI dan Kalantara Dairi Swadaya Membuat Bilik Penyemprotan Disinfektan Cegah Corona

Read Next

DPC GMNI Bersama SEMA FISIP UNISMA 45 Bekasi Semprot Disinfektan Cegah Covid-19

error: Content is protected !!