Penginapan Milik Pemkab Dairi Dijadikan Tempai Isolasi ODP Covid-19, Masyarakat Sitinjo Menolak

Masyarakat melakukan penutupan jalan dan membentangkan sepanduk penolakan.

Sahabatmarhaen.com-Dairi

Tolak penginapan milik Pemkab Dairi di Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi dijadikan tempat rumah singgah atau isolasi Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19.

Puluhan masyarakat yang terdiri dari orang tua dan remaja melakukan aksi penutupan jalan dan membentangkan sepanduk berisikan penolakan TWI dijadian rumah singgah ODP. Spanduk tersebut dibentangkan di pintu masuk TWI di Jalan Sidikalang-Medan, Sabtu (4/4/2020) sejak pagi jam 09.00 WIB.

Maksum Kudadiri salah satu warga setempat yang juga penasehat Sulang Silima Marga Kudadiri mengatakan, aksi yang dilakukan untuk menolak kebijakan Pemkab Dairi untuk menjadikan penginapan di lokasi TWI sebagai rumah singgah atau isolasi ODP Covid-19.

Menurutnya, hal ini akan berdampak negatif terhadap keberadaan TWI, karena akan membuat kesan yang jelek bagi lokasi wiasata religius yang sudah mendunia ini. Apalagi penginapan yang dijadikan rumah singgah itu dekat dengan pemukiman warga.

“Selain membuat takut masyarakat dan pedagang sekitar, juga akan berpengaruh dengan perekonomian. Karena wisatawan akan enggan berkunjung ke TWI ini” kata Maksum.

Disebutkan Maksum, sebelumnya tidak ada pemberitahuan kepada masyarakat maupun tokoh masyarakat setempat untuk menjadikan penginapan di lokasiTWI sebagai rumah singgah ODP Covid-19.

“Kami mengetahui lokasi TWI akan dijadikan rumah singgah setelah rombongan Bupati Dairi dan Forkompinda meninjau penginapan di samping replika bahtera Nabi Nuh,” ujar Maksum.

Masyarakat peserta aksi membubarkan diri sekira jam 17.00 WIB, setelah perwakilan Pemkab Dairi dan Forkompinda datang menemui warga untuk melakukan mediasi.

Hasil kesepakatan yang didapat, bahwa akan dilakukan dialog antara masyarakat dengan pihak Bupati Dairi dan rencananya akan dilakukan pada, Senin (6/4/2020).

Reporter : Junitha Sihombing

Editor : Fajar Gunawan

Sahabat Marhaen

Read Previous

DPC GMNI Bersama SEMA FISIP UNISMA 45 Bekasi Semprot Disinfektan Cegah Covid-19

Read Next

GMNI Bersama Sema Fisip Unisma Bagikan Cairan Disinfektam Cegah Corona

error: Content is protected !!