Ditengah Pandemi Wabah Covid-19, Pimpinan DPRD Dairi Dapat Fasilitas Mobil Baru

Mobil Dinas terbaru Ketua DPRD Dairi terparkir.

Sahabatmarhaen.com-Dairi

Ditengah kecemasan dan ketakutan serta penderitaaan masyarakat menghadapi pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang terjadi di Kabupaten Dairi. Terdengar kabar tak sedap, dimana Ketua dan dua wakil ketua DPRD Dairi mendapat fasilitas mobil dinas baru yang harganya mencapai Rp 2 miliar.

Mobil Pajero Sport keluaran teranyar dengan nopol BB 3 Y tersebut dengan gagahnya terparkir di halaman Kantor DPRD Dairi Jalan Sisingamagaraja, Sidikalang. Kehadiran mobil dinas itu seakan tidak menghiraukan kesedihan masyarakat dalam menghadapi Covid-19.

Terkait hal itu, Kabag Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Dairi, Robert Sitorus mengatakan, ketiga mobil dinas tersebut dibeli dari uang  yang bersumber dari APBD tahun 2020.  Anggarannya telah dialokasikan sejak tahun 2019 lalu.

“Ketiga kendaraan dinas ini pengadaannya sudah harus tuntas sebetulnya pada Triwulan I. Pengadaan ketiga mobil ini dilakukan, karena mobil dinas lama sudah lima tahun,” kata Sitorus kepada wartawan, Selasa (7/4/2020).

Disebutkannya, ketiga kendaraan dinas tersebut dibeli melalui e-katalog buatan Lembaga Kebijakan Pengadaan barang/jasa Pemerintah (LKPP). Untuk Ketua harga mobilnya  lebih mahal dibandin dua mobil untuk Wakil DPRD.

“Untuk Ketua DPRD, harganya Rp 668 juta, sedangkan untuk masing-masing Wakil Ketua DPRD harganya Rp559 juta,” sebut  Sitorus.

Ketika ditanya, apakah pembelian mobil sebagai kebutuhan yang mendesak, Sitorus menyampaikan, pembelian mobil dinas ini tidak bisa dibatalkan lagi, karena telah teikat kontrak dan dilakukan sebelum munculnya wabah Covid-19.

“Ada kepikiran untuk membatalkan, tetapi sudah tidak bisa lagi. Sudah terikat kontrak,” ujar Sitorus.

Padahal Mendagri, Tito Karnavian telah menerbitkan instruksi kepada seluruh pemerintah daerah. Agar pemerintah daerah untuk merealokasi dan memfokuskan anggaran, guna mendukung kegiatan penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing.

Mendagri meminta, untuk kegiatan/program yang tak mendesak agar ditunda, sehingga anggarannya bisa digeser ke kegiatan pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Covid-19.

Perlu diketahui, bahwa mobil dinas Ketua DPRD Dairi sebelumnya adalah Mitsubishi Pajero Sport model lama, sedangkan mobil dinas masing-masing Wakil Ketua DPRD Dairi adalah Toyota Kijang Innova keluaran sekitar tahun 2015.

Untuk pimpinan DPRD Dairi periode 2019-2024, Ketua, Sabam Sibarani sedangkan Wakil Ketua I, Halvensius Tondang dan Wakil Ketua II, Wanseptember Situmorang.

Reporter : Junita Sihpmbing

Editor : Fajar Gunawan

Sahabat Marhaen

Read Previous

GMNI Bersama Sema Fisip Unisma Bagikan Cairan Disinfektam Cegah Corona

Read Next

Fraksi PDIP DPRD Dairi Usulkan Anggaran Perjalanan Dinas Dialihkan Untuk Pencegahan Corona

error: Content is protected !!