Jalan Putus Akibat Longsor, Pemkab Dairi Gerak Cepat Lakukan Perbaikan

Alat berat yang diturunkan dilokasi untuk memperbaiki jalan yang longsor.

Sahabatmarhaen.com-Dairi

Curah hujan tinggi dalam beberapa minggu ini, membuat jalan penghubung desa di Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi mengalami longsor. Akibatnya, Desa Alur Subur dan Liang Jering terisolir, karena akses jalan menuju dua desa itu putus total.

Terkait hal itu, Plt Kadis Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kabupaten Dairi, Anggara Sinurat mengatakan, pihaknya telah menerima informasi tersebut. Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu juga telah memerintahkan untuk melakukan pengecekan ke lokasi dan secepatnya melakukan perbaikan badan jalan yang putus.

Disebutkan Anggara, badan jalan yang rusak akibat longsor merupakan penghubung dua desa, yakni Desa Liang Jering dan Desa Alur Subur. Untuk lokasi badan jalan yang mengalami longsor berada di Desa Alur Subur.

“Badan jalan yang putus akibat longsor berada di Desa Alur Subur dengan panjang 20 meter, kedalaman 2,5 meter dan lebar mencapai 8 meter,” kata Anggra kepada wartawan, Kamis (9/4/2020 ).

Menurut Anggara,  mereka telah menurunkkan alat berat jenis beko loder ke lokasi. Alat berat milik BPBD Pemkab Dairi juga sudah berada di lokasi untuk membantu pengerjaan perbaikan jalan.

“Disebabkan medan yang sulit, alat berat yang kami bawa terlebih dahulu harus membersihkan badan jalan, agar bisa sampai kelokasi longsor di Desa Alur Subur,” sebut Anggara.

Badan jalan yang rusak akibat longsor di Desa Alur Subur.

Sekarang ini alat berat beko loder sedang fokus melakukan penimbunan badan jalan yang longsor. Anggara menjelaskan, pihak PUTR melalui pemerintah  desa setempat sedang berkoordinasi  dengan warga untuk meminta sebagian lahannya digunakan pengalihan jalan sementara.

“Jika sudah mandapat persetujuan dari pemilik lahan alat berat kita akan mulai meratakan lahan yang akan buat jalan sementara. Sehingga kita bisa konsen memperbaiki jalan yang longsor,” ujarnya.

Ditambhkan Anggara, Bila cuaca mendukung pengerjaan akan selesai dalam tiga hari.  Berhubung  jalan menuju Desa Alur Subur rawan longsor,  maka Dinas PUPR akan mengusulkan pembangunan parit.

Editor : Fajar Gunawan

Sahabat Marhaen

Read Previous

Fraksi PDIP DPRD Dairi Usulkan Anggaran Perjalanan Dinas Dialihkan Untuk Pencegahan Corona

Read Next

Dinkes Dairi Salurkan Bantuan Logistik ke 18 Puskesmas Untuk Percepatan Penanganan Covid-19

error: Content is protected !!