Jalan Desa Tertimbun Longsor, Dinas PUTR Bersama BPBD Dairi Gerak Cepat Lakukan Pembersihan

Jalan tertimbun longsor di Kecamatan Tanah Pinem dilakukan pembersihan.

Sahabatmarhaen.com-Dairi

Curah hujan tinggi membuat jalan pengubung desa di Kecamatan tanah Pinem tidak bisa dilalui kendaraan, karena tertimbun material longsor tanah dan bebatuan dari perbukitan.

Mengetahui hal itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) bersama Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dairi gerak cepat bersihkan material longsor yang menutup badan jalan di Desa Kempawa, Kecamatan Tanah Pinem.

Jalan penghubung Desa Kempawa menuju Desa Kuta Gamber yang sempat tertimbun material longsor, kini sudah bisa dilalui kendaraan dan aktivitas warga yang sebelumnya sempat terganggu kini kembali normal.

Kadis PUTR Dairi Anggaran Sinurat ST mengatakan, gerak cepat yang dilakukan PUTR bersana BPBD merupakan instruksi langsung Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu agar secepatnnya membersihkan material longsor sepanjang 500 meter yang menutup badan jalan penghubung desa di Kecamatan Tanah Pinem.

“Bersama tim BPBD menggunakan alat berat kami langsung membersihkan material longsor yang menutup badan jalan. Saat ini badan jalan sudah bisa dilalui kendaraan dan masyarakat sudah bisa melakukan aktivitas,”kata Anggara  kepada wartawan, Minggu (26/4/2020).

Disebutkan Anggara, longsor yang terjadi, akibat curah hujan yang tinggi mengguyur Kabupaten Dairi dalam beberapa minggu ini. Apalagi wilayah Kecamatan Tanah Pinem ini kondisi perbukitan, sehingga rawan terjadinya longsor.

“Bagi pengendara yang melintas di lokasi jalan yang rawan longsor diharapkan untuk berhati-hati,” imbaunya.

Terpisah, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan, kondisi curah hujan yang tinggi menyebabkan terjadinya longsor, untuk itu penanganan harus diperioritaskan, seperti yang terjadi di jalan Desa Kempawa menuju Desa Kuta Gamber.

“Akses jalan yang tertimbun longsir harus diperioritaskan,  agar transportasi di kawasan desa setempat tidak terganggu, sehingga arus logistik dari desa ke desa tetap lancar terlebih ditengah situasi penanganan Covid-19,” sebut Eddy Berutu..

Kepada tim yang bekerja, Eddy Berutu berpesan, tetap mengutamakan protokol keselamatan dan kesehatan ditengah pandemi Covid-19.

“Kepada tim yang bekerja, agar tetap semangat mari terus gelorakan kerja..kerja..kerja,” pungkas Eddy Berutu.

Reporter : Junitha Sihombing

Editor : Fajar Gunawan

Sahabat Marhaen

Read Previous

Peduli Corona, Polres Dairi Bakti Sosial Donor Darah Bantu Stok Darah di PMI

Read Next

Kapolres Madina Berikan 8 Unit Sepeda Kepada Personil Sat Narkoba Berprestasi

error: Content is protected !!