Bertemu Koordinator Kemensos RI dan Bank Mandiri, Bupati Dairi Minta PKH dan BPNT Segera Disalurkan

Bupati Dairi melakukan pertemuan dengan pihak Bnak Mandiri dan Koordinator Kemensos bahas PKH dan BPNT.

Sahabatmarhaen.com-Dairi

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu melakukan pertemuan dengan pihak Bank Mandiri Cabang Sidikalang dan Koordinator Kemensos RI di ruang kerjanya, Rabu (29/4/2020). Pertemuan itu terkait presentasi penyaluran dana bantuan sosial pemerintah lewat Bank Mandiri untuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2019.

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, sebagai lembaga keuangan dan mitra pemerintah Bank Mandiri diharapkan terus dapat mendukung program pemerintah, yakni menyalurkan dana bantuan sosial kepada masyarakat yang berhak menerima. Sebab program bansos baik PKH dan BPNT tersebut sudah diterima oleh masyarakat sejak tahun lalu.

Sebagai lembaga keuangan milik pemerintah, Bank Mandiri diharapkan proaktif dan mendukung Pemkab Dairi dalam perubahan menuju arah yang lebih baik. Ikut serta membantu Pemkab Dairi dalam upaya membantu masyarakat yang kurang beruntung, pengentasan kemiskinan dan peningkatan inklusi keuangan masyarakat Dairi dari masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan, sehingga dapat menikmati manfaat untuk mempercepat proses menuju kesejahteraan.

“Dana bantuan yang diberikan Pemerintah Pusat bisa diterima secara langsung oleh masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kemampuan daya beli masyarakat serta dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak antara lain untuk bahan pokok keluarga dalam situasi sulit akibat ancaman Covid-19 sekarang ini,” kata Eddy Berutu.

Dalam kesempatan itu, anggota DPRD Kabupaten Dairi Nasib M Sihombing yang hadir dalam pertemuan itu, sangat menyayangkan ketidaktepatan waktu penyaluran bantuan sosial PKH dan BPNT yang dilakukan oleh Bank Mandiri.

Sementara, itu Kepala Cabang Bank Mandiri Sidikalang Dedi P Singgih mengatakan, bahwa dana bantuan sosial PKH dan BPNT yang belum tersalur tahun sebelumnya telah dikembalikan dan masuk ke kas negara.

“Dana tidak bisa disalurkan, akibat tidak validnya data yang diberikan oleh Kepala Desa, sehingga penyaluran dana dihentikan,” terang Dedi.

Menanggapi hal itu, Bupati Dairi meminta kepada Bank Mandiri untuk dapat menyalurkan kembali dana BPNT dan bantuan sosial PKH sesegera mungkin, agar masyarakat terdampak Covid-19 bisa segera terbantu.

“Kepada Dinas Sosial  juga untuk segera mendata warga yang mengalami dampak langsung penyebaran Covid-19, sehingga Bansos PKH dan BPNT dapat segera diterima oleh masyarakat Dairi.” tegas Eddy Berutu.

Pertemuan itu dihadiri, Anggota DPRD Kabupaten Dairi Nasib M Sihombing, Plt. Kepala Dinas Sosial Gema T. D Sihite, Kepala Bidang Pemberdayaan Fakir Miskin dan Keluarga Dinas Sosial Kabupaten Dairi Kartini Deliana Padang.Hadir dalam pertemuan itu, Koordinator Penyaluran Sembako Kementerian Sosial Rini NL Banjarnahor, Kepala Cabang Bank Mandiri Sidikalang Dedi P Singgih beserta jajarannya, serta perwakilan Bank Mandiri cabang P. Siantar Joni Sahputra.

Reporter : Junitha Sihombing

Editor : Fajar Gunawan

Sahabat Marhaen

Read Previous

Pemkab Dairi Terima Bantuan APD dari PT Asuransi Sinar Mas dan Berau Coal

Read Next

Sakit Asam lambung Tak Kunjung Sembuh, Boru Pardede Pilih Gantung Diri

error: Content is protected !!