Pemkab Dairi Bagikan Sembako Kepada Abang Becak

Bupati Dairi Bersama Forkompinda foto bersama abang becak usai penyerahan bantuan.

Sahabatmarhaen.com-Sidikalang

Pemkab Dairi bagikan sembako kepada para abang becak yang mangkal diseputaran kota Sidikalang. Kegiatan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Dairi, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Minggu (17/5/2020) sore.

Pembagian sembako kepada 125 orang abang becak dipimpin langsung Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Sekda Dairi Leonardus Sihotang, Dandim 0206/Dairi Letkol Arh Hadi Purwanto SH, Mewakili Kapolres Dairi Kasat Binmas AKP S Simanjuntak, Perwakilalan Kejaksaan Kasidatun Zulkarnain Harahap. Serta mendapat pengawalan dari Organisasi Kepemudaan Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kabupaten Dairi.

“Bantuan sembako yang diberika jangan dilihat dari besar dan kecilnya, tapi itulah bentuk kepedulian Pemkab Dairi kepada masyarakat, khusunya para abang becak yang terdampak wabah Virus Corona (Covid-19),” kata Sekda Dairi Leonardus Sihotang.

Menurut Leonardus, dalam pemberian bantuan sembako ini ada rambu-rambu yang harus diikuti.Untuk itu diharapkan pemahaman dan perhatian serta kesabaran dari saudara-saudara sekalian. Karena penanganan dampak Covid-19 merupakan wewenang tim gugus tugas.

“Kami semua juga telah berpikir untuk menyalurkan bantuan dari para donatur ke tim gugus tugas kepada masyarakat ekonomi lemah yang terdampak Covid-19,” ucap Leonardus.

Sebelum menyerahkan bantuan Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan, bahwa gugus tugas telah bekerja keras dalam menagani wabah Covid-19 di Kabupaten Dairi. Mereka sampai tidak mengenal lelah dan hari libur, bahkan tidak jumpa dengan istri dan anak-anaknya untuk beberapa bulan lamanya.

“Saya menceritakan ini, karena mungkin saudara-saudara tidak langsung mengalami. Banyak dari kami yag harus berhadapan dengan maut, seperti petugas medis dan lainnya karena harus mengawal saudara-sauadara kita bila ada yang sakit dan terdampak Covid-19,” sebut Eddy Berutu.

Ditengah kesibukan itu semua kata Eddy Berutu, gugus tugas juga harus membantu masyarakat yang susah karena terdampak pandemi ini, seperti yang dilakukan pada kesempatan ini. Dimana sebelumnya sudah dua kali para abang becak datang ke Kantor Bupati untuk meminta dan menuntut bantuan.

“Sebagai petugas gugus yang ditugaskan negara, kami pasti akan membantu saudara-saudara abang becak sekalian untuk mengurangi beban kita semuanya ditengah pandemi ini,” ujar Eddy Berutu.

Disebutkan Eddy Berutu, bantuan yang akan dibagikan ini bersumber dari donatur masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang prihatin dengan kondisi ini, sehingga turun tangan untuk ikut membantu.

“Saya juga telah menyumbangkan gaji saya selama 5 bulan, dari bulan April sampi Agustus kepada gugus tugas. Sebagian sumbangan dari donatur itu yang akan dibagikan kepada para abang becak sekarang ini,” ucap Eddy Berutu.

Lebih lanjut Eddy Berutu mengimbau kepada para abang becak untuk tetap menjaga kekompakan dan kesetia kawanan sosial untuk menjaga tumpah darah Indonesia terutama Kabupaten Dairi.

“Inilah kesempatan kita untuk bersatu, karena wabah Covid-19 bukanlah masalah pemerintah saja, tetapi masalah kita semua. Untuk itu mari kita terus menggalang persatuan dan terus saling membantu serta bergotong-royong mencegah penyebaran pandemi ini,” ungkapnya.

Disampaikan Eddy Berutu,  para abang becak bukan orang yang paling susah sekarang ini. Mungkin diantara para abang becak ada yang telah mendapat bantuan dari pemerintah dan selama ini juga masih punya penghasilan setiap harinya

“Masih banyak masyarakat kita yang lebih susah dan tidak punya penghasilan sekarang ini, bahkan anak-anaknya banyak yang menderita disabilitas. Pesan saya bagi kita yang mendapat bantuan lebih, agar bisa berbagi dengan yang lebih susah. Mudah-mudahan kita bisa keluar dari Covid-19 ini,” ujar Eddy Berutu.

Di desa dan di dusun juga masih banyak masyarakat yang lebih susah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bukan hanya pada saat terjadinya Covid-19, tetapi sebelumnya mereka juga memang susah.

“Mari kita sama-sama mengulurkan tangan, kalau ada masyarakat kita yang lebih susah berbagilah dengan mereka,” pungkasnya.

Sementara koordinator abang becak, Surianto Manalu mengucapkan terimakasih atas bantuan sembako yang diberikan kepada para abang becak yang terampak Covid-19.

“Semoga Bapak Bupati dan jajaran, serta Kodim dan Kepolisian serta kejaksaan selalu dinerikan kesehatan dan dimudahkan rejeki,” ucapnya.

Reporter : Junitha Sihombing

Editor : Fajar Gunawan

Sahabat Marhaen

Read Previous

Wabup Dairi Bantu Sembako Kepada Wartawan Terdampak Covid-19

Read Next

Sidak di Kantor Desa, Bupati Dairi Tegaskan Data Penerima Bantuan Covid-19 Dipampangkan

error: Content is protected !!