Sidak di Kantor Desa, Bupati Dairi Tegaskan Data Penerima Bantuan Covid-19 Dipampangkan

Bupati Dairi melkukan Sidak Ke Kantor Kepala Desa Lae Nuaha.

Sahabatmarhaen.com-Dairi

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah desa yang ada di Kabupaten Dairi. Hal itu dilakukan guna memastikan bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah pusat, provinsi dan daerah sampai ke masyarakat yang ada di Kabupaten Dairi.

Beberapa kantor desa yang dilakukan Sidak, yakni Desa Kuta Buluh, Kecamatan Tanah Pinem dan Desa Lae Nuaha, Kecamatan Siempat Nempu Hulu. Pengecekan Pelayanan kantor desa yang dilakukan, seperti papan informasi penerima Bansos laporan pendataan terkait penyaluran Bansos ke masyarakat dan pengecekan kesiapan para perangkat desa.

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan, kepada pemerintah desa agar setiap informasi tentang penyaluran bantuan yang datang dari pemerintah ditempelkan dan dipampangkan di papan informasi. Sehingga memudahkan seluruh masyarakat memperoleh informasi penerima bantuan dan besaran bantuan serta jenis bantuan.

“Jadi diharapkan masyarakat di desa dapat berpartisipasi aktif, agar bantuan tepat sasaran dan Kepala Desa wajib mengumumkan daftar calon penerima bantuan,” kata Eddy Berutu, Sabtu (16/5/2020).

Dalam pendataan penerima bantuan, Eddy Berutu menegaskan agar pemerintah desa tidak tebang pilih. BLT Dana Desa diharapkan bisa mencakup masyarakat miskin di desa yang tidak ditampung oleh Program Jaringan Pengaman Sosial (JPS) yang diselenggarakan oleh Kementrian Sosial RI, yakni Non PKH atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Masyarakat sasaran adalah anggota masyarakat yang kehilangan mata pendapatan harian mereka akibat Pandemi Covid-19. Diharapakan juga mencakup anggota masyarakat miskin yang belum terdata dan masyarakat miskin dengan anggota keluarga mengalami disabilitas penyakit menahun atau kronis.

“Kedatangan saya untuk memastikan bahwa  data ini telah diumumkan. Kepada Kepala Desa agar masyarakat susah terdampak Covid-19 terdata semuanya sebagai penerima bantuan,” ujar Eddy Berutu.

Eddy Berutu juga menyampaikan, pihak desa yang mendata agar tetap  melampirkan tanda terima, seperti melampirkan KTP, Foto dan Nomor Handphone. Hasil pendataan harus dibuat dalam berita acara yang turut ditandatangani oleh unsur Kepolisian dan TNI di pemerintah desa.

“Bantuan tunai maupun bantuan yang berbentuk sembako, saya pesankan kepada tim yang mendata untuk melampirkan buktinya dengan minta bantuan dari Babinsa ataupun Babhinkamtibmas. Intinya kita harus tetap berpihak kepada masyarakat. Jika ada masyarakat yang belum di data agar saling menginformasikan,”sebut Eddy Berutu.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pemberian bantuan sembako kepada lapisan masyarakat yang terimbas ekonomi akibat Pandemi Covid-19, yakni kepada para tutor PAUD di empat Kecamatan, yakni Gunung Sitember, Tigalingga, Siempat Nempu Hulu dan Kecamatan Tanah Pinem.

Reporter : Junitha Sihombing

Editor : Fajar Gunawan

Sahabat Marhaen

Read Previous

Pemkab Dairi Bagikan Sembako Kepada Abang Becak

Read Next

Susah Dilalui, Jalan Penghubung Desa di Kecamatan Parbuluan Dikeluhkan Warga

error: Content is protected !!