Susah Dilalui, Jalan Penghubung Desa di Kecamatan Parbuluan Dikeluhkan Warga

Kondisi jalan yang rusak di Desa parbuluan 1.

Sahabatmarhaen-Dairi

Sudah empat tahun jalan pengubung desa di Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi rusak parah. Akibatnya perekonomian warga yang mayoritas hidup bertani di daerah itu menjadin terganggu.

Walaupun kerap dikeluhkan warga dan diusulkan di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan. Namun, hingga sekarang tidak pernah mendapat perhatian apalagi untuk dilakukan perbaikan.

Jalan yang menghubungkan Desa Lae Hole 1 Siarung-arung dan Parbuluan IV tersebut, kini kondisinya semangkin parah. Kondisi jalan akan semangkin parah bila curah hujan tinggi, karena air hujan menghanyutkan material batu dan tanah sehingga berserak di tengah jalan.

“Kami sangat terganggu dengan rusaknya jalan dan material batu ditengah jalan. Selain jalan susah dilintasi, juga sering terjadi kecelakaan,” kata Agustinus Sianturi (34) kepada wartawan, Selasa (19/5/2020).

Menurut Agustinus, dengan rusaknya jalan pengangkutan hasil pertanian  menjadi terganggu, sehingga berdampak pada perekonomian warga. Dimana harga jual menjadi murah dan biaya pengangkutan mahal.

“Biaya pengangkutan hasil pertanian tidak sebanding dengan hasil yang didapat. Apalagi dimasa pandemi (Covid-19) ini harga hasil pertanian anjlok, sehingga petani merugi,” ujar Agustinus.

Waga sangat berharap, kondisi jalan segera diperbaiki agar aktivitas warga dan pengangkutan hasil pertanian tidak mengalami kendala..

Terpisah, Kepala Desa Lae Hole 1, Jalima Siboro saat dikonfirmasi  mengatakan, kalau rusaknya jalan sudah disampaikan dalam Musrembang kecamatan setiap tahunnya.

“Sudah capek kami mengusulkan untuk diperbaiki, tapi belum pernah ditanggaapi Pemkab Dairi melalui dinas terkait,” sebut Jalima.

Reporter : Parlin Tamba

Editor : Fajar Gunawan.

Sahabat Marhaen

Read Previous

Sidak di Kantor Desa, Bupati Dairi Tegaskan Data Penerima Bantuan Covid-19 Dipampangkan

Read Next

Djarot Saiful Hidayat Bantu Sembako Ke Gustu Covid-19 Kabupaten Dairi

error: Content is protected !!