Siswi SD Hutaginjang Dairi Raih Juara II Lomba Bercerita Tingkat Provinsi Sumut

Cristina Sitorus dengan berbusana adat Pakpak membawakan cerita ‘Nangkendaren dan Asal Mula Danau Sicike-cike,.

Sahabatmarhaen.com-Dairi

Cristina Sitorus, warga Desa Polling Anak Anak, Kecamatan Silima Pungga Pungga, telah mengharumkan nama Kabupaten Dairi lewat lomba bercerita tingkat provinsi yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumut, Kamis (16/7/2020) lalu.

Siswi yang menimbah ilmu pendidikan di SD Negeri 033929 Hutaginjang, Kecamatan Silima Pungga Pungga, Kabupaten Dairi, berhasil menyabet juara II setelah bersaing dengan para peserta yang berasal dari perwakilan dari 33 kabupaten kota se-Sumut pada ajang perlombaan bidang seni dan budaya tingkat sekolah dasar.

Lomba yang digelar di tengah pandemi Covid-19 dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom, anak pertama dari pasangan Bagian Fancius Sitorus dan Retianna Br Siahaan, tampil percaya diri dan penuh semangat dengan mengenakan pakaian adat Pakpak tampil saat membawakan cerita ‘Nangkendaren’ dan ‘Asal Mula Danau Sicike-cike’. Suara yang mendayu-dayu membuat juri terpukau dan terpesona akan penampilannya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Dairi, Fatima Boang Manalu kepada wartawan mengatakan, keberhasilan menyabet juara II dalam lomba tersebut merupakan salah satu bukti dari pembinaan yang berkelanjutan dari berbagai pihak, baik pihak sekolah, guru pendamping dan orang tua.

“Ini juga tidak terlepas dari arahan Bupati Dairi kepada kami yang menekankan agar terus membangun kualitas sumber daya masyarakat Dairi yang cerdas, sehat, berbudaya dan berdaya saing yang harus dilakukan sejak dini,” kata Fatima kepada wartawan, Sabtu (18/7/2020).

Menurutnya, torehan prestasi yang dilakukan Cristina Sitorus tidaklah mudah dan datang begitu saja. Sejak lama, Cristina yang bercita-cita menjadi seorang guru itu sudah mempersiapkan diri dengan selalu menunjukkan prestasinya di sekolah tempat ia belajar.

Pada awalnya Cristina Sitorus mengikuti perlombaan bercerita rakyat untuk SD/MI tingkat Kabupaten Dairi tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dairi. Dalam perlombaan tersebut Cristina berhasil menyisihkan 37 peserta dan meraih Juara 1 Tingkat Kabupaten Dairi. (Junitha)

Editor : Fajar Gunawan

Sahabat Marhaen

Read Previous

Kerjasama Dengan BI, Pemkab Dairi Ingin Kembangkan Ekonomi Daerah dan Keuangan Digital

Read Next

Juara 2 Lomba Bercerita Tingkat Provinsi, Bupati Dairi Serahkan Uang Pembinaan Kepada Cristina Sitorus

error: Content is protected !!