Eddy Berutu Ingin Terapkan P4S Untuk Akselerasi Perkembangan Pertanian di Dairi

Keterangan foto : Bupati Dairi mengunjungi lokasi laboratorium pertanian milik Mindo Sianipar.

Sahabatmarhaen.com-Dairi

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu berkeinginan menerapkan ekosistem produksi pertanian terintegrasi di Kabupaten Dairi, seperti yang yang dikelola anggota DPR RI, Mindo Sianipar di Cariu, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Hal itu disampaikan, Eddy Berutu usai mengunjungi Pusat Pelatihan Petani Pedesaan Swadaya (P4S) Komunitas Tumbuh Bersama pada, Minggu (2/8). Disebutkannya, Laboratorium Pertanian yang milik Mindo Sianipar sangat cocok diterapkan untuk akselerasi perkembangan pertanian di Kabupaten Dairi.

Menurut Eddy Berutu, P4S Komunitas Tumbuh Bersama menerapkan integrated farming di lahan seluas 14 ha sebagai lokasi percontohan terintegrasi untuk Pertanian, Perikanan dan Peternakan.

“Dengan potensi daerah pertanian yang ada di kawasan Danau Toba, laboratorium seperti ini menjadi suguhan yang sangat menarik perhatian bila bisa dibangun dan diterapkan di Kabupaten Dairi,” kata Eddy Berutu.

Sementara, Mindo Sianipar yang merupakan Ketua DPP PDIP yang membidangi Koperasi dan Peningkatan Kesejahteraan Rakyat kepada Bupati Dairi menjelaskan, laboratorium yang dibuatnya merupakan lokasi pertanian yang mengaplikasikan zero waste (tanpa sampah).

“Semua bisa dimanfaatkan dan diupayakan bagaimana masyarakat menanam jagung dan terintegrasi berkembang bisa menjual daging ternak, jual susu, jual telur,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Mindo Sianipar mengatakan, bila bupati mau jauh-jauh berkunjung sampai kesini, berarti serius untuk memajukan dan mengembangkan pertanian di Kabupaten Dairi.

“Saya yakin usai melihat sistem pertanian di sini, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu sangat berkeinginan menerapkannya untuk  memajukan pertanian di daerahnya,” Mindo Sianipar.

Editor : Fajar Gunawan

Sahabat Marhaen

Read Previous

Honda Kharisma Kontra Supra X 125, Siswa SMK Maranatha Sidikalang Tewas di TKP

Read Next

Sejauh Mana Pilkada Pakpak Bharat, Melihat Peluang Para Balon

error: Content is protected !!