Bersama Kelompok Tani Martunas Bupati Dairi Tanam Padi Gogo dan Jagung di Tigalingga

Bupati Dairi menyerahkan bibit padi gogo kepada kelompok tani.

Sahabatmarhaen.com-Dairi

Bentuk tindak lanjut MoU antara Pemerintah Kabupaten Dairi bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Badan Litbang Provinsi Sumatera Utara, Jumat (7/8/2020) Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu bersama Kelompok Tani Martunas Desa Lau Mil, Kecamatan Tigalingga melakukan tanam Padi Gogo dan jagung.

Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, BPTP sangat tepat dan sangat dibutuhkan oleh pertanian, karena balai tersebut melakukan penelitian terhadap apa yang akan dibutuhkan serta persoalan yang akan muncul dimasa yang akan datang dihadapi oleh para petani.

“Salah satu pengkajian yang dilakukan dan telah di uji oleh balai tersebut, yakni akan melakukan uji coba tanam padi gogo yang merupakan varietas baru di Desa Lau Mil ini,” kata Eddy Berutu.

Menurutnya, seluruh petani di Kabupaten Dairi merupakan para petani yang unggul, karena telah membuktikan ketangguhannya dalam pertanian. Oleh karena itu, kata Eddy Berutu Pemerintah Kabupaten Dairi melalui dinas terkait akan selalu hadir di tengah tengah para petani, sehingga dapat menghasilkan nilai lebih bagi para petani.

“Kami ingin hadir ditengah-tengah para petani, karena pemerintah meyakini jika ingin memakmurkan Kabupaten Dairi maka makmurkan terlebih dahulu para petaninya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Eddy Berutu mengajak kepada seluruh petani. khususnya kelompok tani Martunas untuk memanfaatkan dengan baik bantuan yang telah diberikan oleh Badan Litbang Provinsi Sumatera Utaara.

“Dengan di tanamnya padi gogo dan jagung dengan sistem tumpang sari, hasil pertanian yang didapatkan akan mampu meningkatkan perekonomian dari para petani khususnya di Desa Lau Mil,” sebutnya.

Sementara, Ir Akmal M.Si mengatakan, selain melakukan penanaman padi secara bersama, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi secara teknis kepada kelompok tani Martunas tentang varietas Padi Gogo tersebut.

“Hingga saat ini BPTP Badan Litbang Provinsi Sumatera Utara telah menciptakan sebanyak 400 jenis benih padi. Namun, yang berhasil tersalurkan belum sepenuhnya maksimal,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi Ir Efendi Berutu  mengatakan.  Pemerintah Kabupaten Dairi akan bekerjasama dengan BPTP untuk meningkatkan teknologi terbaru di bidang pertanian guna mengembangkan pertanian baik itu tanaman padi, perkebunan maupun holtikultura.

Hadir dalam kegiatan itu, Camat Tigalingga Timbul Tamba, Camat Gunung Sitember Jonatan Ginting, Kapolsek Tigalingga AKP SP Siringo-ringo, Babinsa Koramil 04/Tigalingga P. Sihombing dan para Kepala Desa se-Kecamatan Tigalingga. (fjr)

Sahabat Marhaen

Read Previous

Sejauh Mana Pilkada Pakpak Bharat, Melihat Peluang Para Balon

Read Next

Kabupaten Dairi Raih Piagam Sebagai Kabupaten Terbaik I Se-Sumut Persentase Capaian Akseptor MKJP

error: Content is protected !!