Seorang ASN Pemkab Dairi Manfaatkan Sumber Air Untuk Pembangkit Listrik

Rinto menunjukan pembangkit listrik mini mikro hidro.

Sahabatmarhaen.com-DAIRI

Seorang Apratur Sipil Negara (ASN), Pemkab Dairi, Rinto Hotmauli, memanfaatkan sumber air buat perikanan serta pembangkit listrik. Hal itu disampaikan oleh Rinto Hotmauli kepada kru koran ini saat berada di kolam ikan miliknya yang berada di Desa Sitinjo II, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Senin (31/8/2020).

Ia mengatakan, ide kreatifnya dimaatkannya dengan menyulap lahan seluas 4 rante yang berada ditengah jurang menjadi kolam ikan. Ada beberapa petak kolam dibuatnya. Diatas kolam dia juga membangun pondok  yang digunakan sebagai tempat berteduh maupun tinggal.

“Bila malam hari pondok digunakan untuk tempat tinggal pekerja jaga kolam. Apabila malam hari, kolam sanggat gelap padahal kolam sanggat membutuhkan penerangan. Selama ini  hanya mengandalkan lampu minyak (Teplok) untuk penerangannya, sehingga hanya menerangi pondok,” katanya.

Dengan keterbatasan penerangan itu, ia mencari ide bagaimana agar pondok dan lokasi kolam bisa terang dengan menggunakan listrik. Karena untuk memasang lampu PLN belum ada jaringan listrik serta lokasi kolam jauh.

“Setelah buka-buka internet, saya menemukan alat sebagai pembangkit tenaga listrik dengan menggunakan tenaga air untuk menggerakan turbin mini mikro hidro berkapasitas 400 watt,” jelas Rinto.

Dengan biaya murah, pondok dan lokasi kolam sudah diterangi listrik. “Sekarang sudah tidak takut gelap lagi bila malam hari, lokasi kolam juga bisa dipantau dari kejauhan,” sambung pria yang bekerja sebagai Kasi Perlindungan Masyarakat Satpol PP Pemkab Dairi.

Ia juga mengatakan, kalau dirinya ingin membagi ilmu kepada masyarakat yang sampai saat ini belum bisa menikmati aliran listrik, khususnya yang tinggal dipedalaman desa.

“Tidak perlu biaya banyak, bila ada sumber air, cukup kita manfaatkannya untuk pembangkit listrik menerangi rumah kita,” jelas Alumni GMNI.

Ditengah pandemi Covid-19 sekarang ini, Rinto mengajak masyarakat untuk lebih kreatif dengan memanfaatkan sumber alam. Selain untuk membantu perekonomian juga mendukung program pemerintah mewujudkan Dairi yang unggul.

“Jangan bergantung pada bantuan pemerintah, karena kita tidak tahu kapan Covid-19 akan berakhir. Mari berkarya dan berusaha dengan memanfaat sumber alam yang ada khususnya lahan pertanian dan air,” pungkasnya.

Editor : Fajar Gunawan

Sahabat Marhaen

Read Previous

Bupati Dairi Ikuti Diskusi Publik Seminar Konsorsium PERMAMPU

Read Next

Kompol Agus Maryana Jabat Wakapolres Madina

error: Content is protected !!