Tingkatkan PAD, Pemkab Dairi Lakukan MoU dengan 3 Universitas

Bupati Dairi menandatangani MoU dengan 3 Universitas.

Sahabatmarhaen.com, DAIRI – Pemkab Dairi lakukan penandatanganan Nota Kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU) dengan 3  Universitas ternama di Indonesia, yakni Universitas Katolik (UNIKA) Atma Jaya Jakarta, Universitas Katolik (UNIKA) Santo Thomas Medan dan Universitas HKBP Nommensen Medan.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dengan Rektor UNIKA Santo Thomas Medan Prof Dr Drs Sihol Situngkir MBA yang turut disaksikan oleh Pendiri Komunitas Rumah Hela yang juga Dosen di UNIKA Atma Jaya Engelbertha EP Silalahi SE MS bertempat di ruang rapat Bupati Dairi, Selasa (17/11/2020).

Sementara itu dengan pihak UNIKA Atma Jaya dan Universitas HKBP Nommensen Medan telah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama terlebih dahulu.

MOU tersebut bertujuan untuk mendongkrak peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Dairi.

Rektor UNIKA Santo Thomas Medan mengatakan, UNIKA saat ini sedang dipercaya untuk menjalin kerjasama dalam rangka pengembangan sumber daya manusia yang unggul.

Dalam pengembangan sumber daya manusia yang unggul, Rektor UNIKA Santo Thomas menyampaikan pihaknya telah mendirikan Kampung Inggris di Kabupaten Samosir.

“Kami juga akan mendirikan Kampung Inggris di kampung halaman, yakni di Kecamatan Silahisabungan. Untuk pengembangan UMKM kami juga siap untuk mendukung dan mengawal Koperasi ataupun UMKM yang ada di Kabupaten Dairi,” ucapnya.

Selanjutnya Engelbertha EP Silalahi yang juga merupakan isteri dari Anggota DPR RI Hinca Panjaitan menjelaskan, penandatanganan kerjasama yang dilakukan bersama dengan 3 Universitas sekaligus baru ini dilakukan.

Belum ada di Indonesia satu Kabupaten yang di dukung dalam bentuk kerjasama oleh 3 Kampus besar. Kerjasama Pemerintah Kabupaten Dairi dengan 3 kampus besar menurut Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Atma Jaya ini untuk peningkatan PAD Kabupaten Dairi melalui pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

“Target utama kami adalah peningkatan PAD Dairi melalui pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi seperti dalam bentuk penelitian ataupun pelatihan,” terangnya.

Sementara, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan, ucapan terimakasih atas dukungan yang diberikan oleh UNIKA Atma Jaya Jakarta, UNIKA Santo Thomas Medan dan Universitas HKBP Nommensen dalam rangka mendukung PAD Kabupaten Dairi. Oleh karena itu, kepada jajarannya agar dalam membuat kebijakan harus memiliki dasar ataupun landasan yang kuat.

“Sekarang sudah ada 3 kampus terbaik yang mendukung kita. Saya tidak ingin kita salah dalam menetapkan landasan dalam menjalankan pembangunan di Kabupaten Dairi,” ucap Eddy Berutu.

Eddy Berutu juga menginstruksikan kepada Pimpinan OPD agar memeriksa kembali ataupun menyelaraskan rencana rencana program pembangunan yang telah disusun bersama dengan 3 Universitas yang telah menjadi pendukung program pembangunan di Kabupaten Dairi, sehingga program pembangunan di tahun 2021 dapat terlaksana dengan baik.

Sedangkan untuk peningkatan PAD, Eddy Keleng Berutu menyebutkan,Pemkab Dairi akan membangun pusat ekonomi baru dan juga pusat wisata di Kecamatan Silahisabungan yang akan dibangun diatas lahan pemerintah.

“Lahan milik pemerintah di Silahisabungan akan kita bangun sarana penunjang pariwisata yang mendukung untuk menarik minat wisatawan dalam berkunjung, sehingga peningkatan PAD Kabupaten Dairi dari sektor wisata akan semakin meningkat juga,” sebutnya.

Penandatanganan MoU dihadiri dan disaksikan, pimpinan OPD Kabupaten Dairi, diantaranya Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Ir Effendi Berutu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Mahadi Kudadiri SH, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Oloan Hasugian ST dan Kepala Dinas Pendidikan Drs Jonni Waslin Purba.

Mendampingi Rektor UNIKA Santo Thomas Medan turut hadir Wakil Rektor UNIKA Santo Thomas Medan Dr Zakarias Situmorang MT dan Sekretaris Rektor UNIKA Santo Thomas Medan Betrand Sitohang SH, MH. (fjr)

Sahabat Marhaen

Read Previous

Dinas Sosial Dairi Bantu Kursi Roda dan Tongkat Kepada Penyandang Disabilitas

Read Next

Kapolres Dairi : Polisi Harus Melayani Masyarakat dengan Humanis dan Maksimal

error: Content is protected !!