Dinsos Dairi Berikan Sembako Kepada Veteran dan Penyandang Disabilitas

Bupati Dairi dan Dandim 0206/Dairi menyerahkan bantuan sembako.

Sahabatmarhaen.com – Pandemi Covid-19 yang masih terjadi sampai sekarang ini membuat perekonomian masyarakat terganggu. Sebagai upaya yang dilakukan untuk membantu kesusahan masyarakat, Pemkab Dairi melalui Dinas Sosial (Dinsos) memberikan bantuan sembako kepada para veteran dan penyandang disabilitas yang terdampak pandemi Covid-19. Pemberian sembako dilaksanakan di Kantor Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Rabu (23/12/2020) sore.

Bantuan sembako diserahkan langsung Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Dandim 0206/Dairi Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono SH dan Kadis Sosial Dairi Parulian Sihombing. Sembako yang diberikan sebanyak 100 paket, dengan rincian 60 paket untuk para veteran dan 40 paket kepada penyandang disabilitas.

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu  mengatakan, Pemkab Dairi bersama pemerintah provinsi dan pusat bekerja sekuat tenaga didampingi TNI-Polri untuk mengawasi masyarakat, agar bisa melewati Covid-19.

“Pemerintah pun berusaha membantu perekonomian masyarakat, agar tidak terpuruk dan bisa bersama-sama bergandengan tangan menjalani hidup dengan suka cita serta saling menolong, sehingga tahun 2020 ini bisa kita lalui dengan baik,” kata Eddy Berutu.

Sesuai aturan yang telah ditetapkan, kata Eddy Berutu pemerintah telah menyalurkan program Bantuan Sosial Tunai (BST) dari APBD dan juga dana desa kepada masyarakat Dairi berdasarkan data yang ada. “Total bantuan yang sudah kita serahkan kepada masyarakat kurang lebih Rp.18 miliar di tahun 2020 ini,” sebut Eddy Berutu.

Namun, tentu saja itu belum cukup dan masih banyak yang kurang, maka dengan segalah daya dan upaya Pemkab Dairi bersama TNI-Polri terus bekerja untuk bisa menambah dan memenuhinya.

“Pemkab Dairi juga telah berusaha untuk mendapatkan hibah beras dari Bea Cukai Sumut untuk bisa disalurkan kepada masyarakat,” ucapnya.

Dipenghujung tahun ini Dinsos Dairi mengambil inisiatif secara khusus mencoba lagi dengan apa yang Pemkab Dairi punya untuk dibagikan, khususnya hari ini kepada para pejuang veteran yang telah berjuang untuk kemerdekaan indonesia.

“Tanpa perjuangan bapak/ibu maka kita tidak bisa seperti sekarang ini. Terimakasih para veteran, baktimu luar biasa dan takkan terbalaskan oleh kami. Ijinkan kami anak-anakmu memberikan apa yang kami punya dan sesuai dengan ketentuan yang ada untuk digunakan bersama keluarga,” ungkap Eddy Berutu.

Juga kepada saudara-saudara yang mungkin selama ini terlupakn dan belum mendapat perhatian, mereka adalah para penyandang disabilitas. Dinsos Dairi juga akan memberikan bantuan walaupun belum bisa semuanya mendapat bantuan.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat. Mari kita tinggalkan tahun yang berat ini, kita sambut tahun yang baru yang penuh harapan, bersuka citalah kita dan bersyukur kepada Tuhan YME,” ucapnya.

Diakhir arahannya, Bupati Dairi mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dengan melaksanakan 3M dan 1T, yakni Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Tidak berkerumun, agar terhindar dari penularan Covid-19.

“Kepada bapak/ibu veteran dan penyandang disabilitas, doakan kami agar bisa menjalani tugas berat ini untuk bisa melayani semua masyarakat,” pintanya.

Mewakili para Veteran, bapak Sidabutar mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Dairi, karena telah memberikan bantuan kepada para veteran. Sidabutar berharap kedepannya Pemkab Dairi dapat memperhatikan para veteran.

“Kami mensyukuri atas bantuan yang telah diberikan kepada kami, semoga kedepannya bantuan seperti bisa terus kami dapatkan,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Asmen Sihotang mewakili para disabilitas. Menurutnya bantuan sembako sangat berguna dan membantu para penyandang disabilitas di Kabupaten Dairi.

“Terimakasih pak Bupati, semoga kedepan bantuan seperti ini bisa tetap dilakukan Pemkab Dairi,” ungkapnya. (fjr)

Keterangan foto : Bupati Dairi bersama Dandim 0206/Dairi menyerahkan sembako kepada veteran dan penyandang disabilitas.

 

Sahabat Marhaen

Read Previous

Kapolsek Tanah Pinem Beri Imbauan Prokes dan Larangan Menjual Mercon

Read Next

Polsek Sumbul Bersama Forkopimca Berikan Imbauan Prokes dan Bagikan Masker di Pasar Sumbul

error: Content is protected !!