Beli Kreatif Danau Toba dan Pembalakan Hutan

Sahabatmarhaen.com – Dairi. Mungkin para pembaca bingung dan bertanya-tanya dengan judul diatas, apa hubungan Beli Kreatif Danau Toba dengan Pembalakan Hutan. Perlu pembaca ketahui, bahwa belum lama ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Dairi untuk melakukan sejumlah kegiatan, diantaranya Launching visitdairi.com dan peluncuran Beli Kreatif Danau Toba.

Dengan kegiatan tersebut, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan Danau Toba, terkhusus di Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi.

Hal ini pasti membawa nilai positif bagi masyarakat di tengah pandemic Covid-19 yang masih melanda dunia termasuk Indonesia. Namun, itu semua tidak ada artinya bila keindahan kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata yang sudah tersohor di seantero dunia ini rusak oleh tangan-tangan jahil yang tidak bertanggungjawab dengan rakus melakukan pembalakan hutan.

Kawasan hutan sebagai serapan dan memasok air Danau Toba kini kondisinya sudah mulai sekarat. Lantaran pembalakan liar dibiarkan merajalela dan tidak tersentuh hukum, bahkan Dinas Kehutanan Sumut pun tak mampu menghentikan pembalakan hutan. Akibat pembalakan liar tersebut, debit air Danau Toba sudah menurun, terjadinya longsor dan rusaknya ekosistem, yang sangat dirasakan kesejukan udara di kawasan Danau Danau Toba sudah mulai menghilang.

Ditambah lagi bahan pewarna alami yang digunakan para pengrajin ulos, banyak tumbuh di sekitar kawasan hutan Danau Toba. Jadi, bila kawasan hutan nantinya rusak, maka tanaman sebagai bahan pembuat pewarna alami juga akan hilang. Pastinya ini akan menghambat dalam peningkatan perekonomian para pengrajin ulos di Kecamatan Silahisabungan.

Apa nanti yang bisa dibanggakan lagi, bila kawasan Danau Toba rusak rusak yang hanya menyisahkan bencana alam. Penyesalan yang katanya datang terlambat pasti akan membuat kesedihan yang tidak ada gunanya.

Sebelum terlambat, kepada para pembaca diminta untuk membantu penegak hukum menghentikan pembalakan liar di kawasan hutan danau Toba. Kalau bukan kita, kamu dan seluruh masyarakat setempat, siapa lagi yang peduli dengan hutan kawasan Danau Toba.

Anggota DPR RI Komisi III, Hinca Panjaitan yang ditemui saat mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno pada launching visitdairi.com di lokasi Taman Wisata Iman (TWI), ketika ditanya terkait pembalakan liar di sekitar kawasan Danau Toba mengatakan, akan membicarakan dengan dinas terkait dan kepolisian untuk melakukan penindakan terhadap pelaku pembalakan hutan.

“Kita akan koordinasi dulu dengan Kapolres Dairi terkait pembalakan hutan kawasan Danau Toba yang berada di Kecamatan Sumbul, Silahisabungan dan Parbuluan,” kata Hinca, Jumat (19/2/2021)

Semoga berita ini bisa sedikit membantu untuk menghentikan pembalakan hutan di kawasan Danau Toba. (tim).

 

Sahabat Marhaen

Read Previous

Polsek Tigalingga Berikan Sanksi Kepada Pelanggar Prokes

Read Next

Pelajar SMK Dairi Dapat Pelatihan Papan Gypsum dari Jayaboard

error: Content is protected !!