Pelajar SMK Dairi Dapat Pelatihan Papan Gypsum dari Jayaboard

Sahabatmarhaen.com -Dairi. Perusahaan Jayaboard yang bergerak di bidang indutstry konstruksi papan gypsum memberikan pelatihan kepada pelajar SMK di Kabupaten Dairi. Pelatihan selama dua hari, Rabu-Kamis ( 24-25/2/2021) dilaksanakan di Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (UPT-BLK) Jalan Sidikalang-Medan, Kecamatan Sitinjo.

Kegiatan tersebut sebagai bentuk dukungan Jayaboard terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diluncurkan di Bali pada, 11 Januari 2021 lalu. Dimana Pemerintah Indonesia kembali menjalankan misi untuk mencetak tambahan 30 juta UMKM pada tahun 2023 yang dalam bulan Februari ini memfokuskan wilayah Toba, Sumatera Utara

“Untuk Gernas BBI 2021 Toba ini diluncurkan pada 20 Februari 2021,” kata Presiden Direktur Jayaboard Ahmad Hamdani, Rabu (24/2/2021).

Disebutkannya, Kontribusi yang diberikan sebagai bentuk perhatian Jayaboard dalam peningkatan keahlian untuk calon aplikator yang dapat ditemukan di Dairi, yang mana kondisi saat ini untuk setiap pembangunan yang dilakukan di daerah tersebut, tenaga aplikator perlu didatangkan dari kota Medan.

“Dengan adanya pelatihan ini kami berharap dapat membantu peningkatan pengetahuan dan skil para pelajar di Dairi dalam industri konstruksi. Nantinya akan dapat mereka terapkan di masa mendatang dan dapat membantu pembangunan berkualitas untuk pariwisata yang lebih maju,” ujar Ahmad.

Ia juga menjelaskan, selama pelaksanaan pelatihan tetap melaksanakan protokol kesehatan (Prokes) yang dianjurkan pemerintah. Pada hari pertama para siswa/siswi peserta pelatihan mendapat pelatihan aplikasi system plafond dan partisi. Selain materi teori para siswa/siswi juga diberi kesempatan untuk mempraktekan secara langsung pengaplikasian papan gypsum menjadi sebuah partisi dan plafon.

Sedangkan di hari kedua, peserta pelatihan mendapatkan pelatihan kerajinan casting, dimana peserta dapat berkreasi dalam membuat ornament berbahan dasar gypsum, untuk memberikan mereka inspirasi membuat produk lokal berkualitas yang dapat dijual di marketplace.

“Melalui pelatihan ini, kami juga berharap dapat terus mengemban visi-misi Jayaboard dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui pembangunan yang berkualitas,” ucap Ahmad.

Sementara Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, dimasa pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia khususnya Kabupaten Dairi hingga saat ini. Pemerintah Pusat ingin mengkapitalisasi kekuatan produksi dalam negeri.

“Negara kita memiliki banyak kemampuan baik itu masyarakat individu, secara kelompok kelembagaan maupun perusahaan yang bahan bakunya juga dari negara kita,” kata Eddy Berutu usai membuka kegiatan pelatihan tersebut.

Pelatihan tersebut juga dihadiri Assisten Deputi Kemenko Kemaritiman dan investasi RI Sartin Hia dan Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Nia Niscaya. (fjr)

Sahabat Marhaen

Read Previous

Beli Kreatif Danau Toba dan Pembalakan Hutan

Read Next

Saut Ujung Pimpin MPC PP Dairi Periode 2020-2024

error: Content is protected !!