Bupati Dairi Paparkan Sumber Daya Alam Saat Menerima Kunjungan Staf Khusus Wapres

Sahabatmarhaen.com-Dairi. Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menerima kunjungan staf khusus Wakil Presiden (Wapres) RI, Arif Rahman di Pendopo Bupati Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Kamis (3/6/2021).Turut hadir mendampingi Bupati, Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH, Dandim 0206/Dairi Letkol Arm Adietya Y Nurtono SH, Kejari Syahrul Juaksha Subuki dan Sekretaris Daerah Leonardus Sihotang.

Dalam kesempatan itu, kepada staf khusus Wapres RI K.H Ma’ruf Amin. Bupati Dairi, secara singkat memaparkan letak geografis dan potensi sumber daya alam yang dimiliki kabupaten Dairi. “Kami sangat mengapresiasi kunjungan staf khusus Wapres. Ini kesempatan bagi Pemkab Dairi untuk menyampaikan usulan kepada Wakil Presiden RI, untuk disampaikan kepada kementerian terkait usulan kita nantinya ,” kata Eddy Berutu

Ditambahkan Eddy Berutu, Dairi juga memiliki sejumlah kawasan pariwisata yang saat ini masih sangat membutuhkan pembenahan, agar dapat menarik kunjungan wisatawan. Apalagi Dairi juga masuk dalam kawasan strategis pariwisata nasional dengan objek wisata Tao Silalahi (Danau Toba) yang berada di Kecamatan Silahisabungan.

“Dengan kunjungan staf khusus Wapres ini, kami berharap masyarakat Dairi menjadi perhatian pemerintah pusat untuk mendorong pembangunan Dairi kedepan,”

Menanggapi apa yang disampaikan Bupati Dairi, Staf khusus Wapres Arif Rahman menyebutkan kalau Dairi kaya potensi alam yang perlu digali untuk membangkitkan pembangunan. Disampaikannya, bahwa Wapres, K.H Ma’ruf Amin juga sebagai Ketua Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata dan telah memprogramkan satu desa satu produk (one village one product).

Menurutnya, pembangunan yang jadi perhatian pemerintah sekarang ini adalah membangun desa. “Pembangunan harus mulai dari desa atau pinggiran, agar rakyat kuat,” ucap Arif.

Untuk mewujudkan itu, pembangunan sektor ekonomi pariwisata harus terintegrasi, agar berhasil. Bidang pariwisata akan menjadi sektor unggulan, sehingga Indonesia tidak lagi hanya mengandalkan sektor tambang. Karena tambang bisa saja dimoratorium.

“Kedepan sektor pariwisata akan menjadi tumpuan perekonomian Indonesia. Namun, harus terlebih dahulu membenahi sumber daya manusia (SDM) dan mengenalkan apa itu pariwisata,” terangnya.

Agenda lain Staf khusus Wapres ke Dairi, yakni mengunjungi Pondok Pesantren Sidiangkat Sidikalang dan Kampung Ulos di Kecamatan Silahisabungan. (fjr)

Sahabat Marhaen

Read Previous

IPK Ransus Pusat Pasar Sidikalang Lakukan Bersih-Bersih Lingkungan

Read Next

Rumah warga Terpapar Covid-19 Disemprot Disinfektan Oleh Polres Dairi dan Sat Brimob Polda Sumut

error: Content is protected !!